Wednesday, 23 August 2017

Puskesmas Giatkan Penghijauan, Warga Senang

Jumat, 21 April 2017 — 13:17 WIB
Suasana asri di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jaksel. (Rachmi)

Suasana asri di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jaksel. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Selain mengedepankan pelayanan dengan hati, jajaran Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan intens menghijaukan sarana publik tersebut. Seluruh lantai tampak ijo royo-royo dengan berbagai jenis tanaman.

Pantauan di lokasi, mulai di pintu masuk gedung bercat hijau ini dihiasi dengan taman vertikal, beberapa pot gantung menjuntai di kedua sisi kanopi. Ada taman mungil di sudut parkiran motor yang ke arah loket.

Sedangkan di ruang tunggu di lantai 1 pasien dapat sejenak beristirahat seraya menikmati air terjun mini dan aneka tanaman. Begitu pula di lantai 2 hingga lantai 4, juga dihiasi dengan tanaman hijau yang menyejukkan.

“Saya senang berobat di sini, selain pelayanannya bagus juga bisa refreshing. Sejauh mata memandang terkesan teduh,” kata Shinta Damayanti, pasien yang tinggal di Pondok Pinang, Jumat (21/4/2017).

Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama, Selvy Devita menjelaskan pihaknya menerapkan pelayanan dengan hati bagi seluruh pasien untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan publik. Hal ini didukung dengan kondisi gedung yang asri, bersih, indah dan tertata.

“Kami berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang optimal, serta menghadirkan suasana teduh melalui penghijauan di seluruh lantai gedung puskesmas ini,” kata Selvy.

Ia menjelaskan puskesmas ini memiliki 4 lantai dengan pelayanan 24 jam. Sembilan dokter umum dan 6 dokter gigi bertugas untuk melayani hingga 500 pasien per hari. Ada 6 bed di rumah bersalin di lantai dasar. Serta semakin memudahkan pasien dengan tersedianya belasan poli seperti poli akupuntur, akupresur, poli lansia dan poli HIV/AIDS.

Hal yang membanggangkan Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama merupakan satu-satunya puskesmas di Jaksel yang memiliki laboratorium gigi untuk membuat gigi palsu.

(rachmi/sir)