Friday, 23 June 2017

Puting Beliung Mengamuk di Jakarta Timur, Ini yang Rusak

Jumat, 21 April 2017 — 19:49 WIB
Pameran Dirgantara diterjang puting beliung

JAKARTA (Pos Kota) – Angin puting beliung yang terjadi di Jakarta Timur membuat beberapa pohon tumbang dan menimpa kendaraan. Bahkan, akibat angin tersebut, tenda di pameran Dirgantara Expo roboh membuat 20 orang mengalami luka-luka.

Angin puting beliung itu menghancurkan tiga tenda yang ada di acara TNI AU tersebut. Sebanyak 20 orang yang sebelumnya berlindung dari hujan dan angin, tertimpa tenda . Beruntung tak ada korban jiwa, meski ke-20 korban harus dilarikan ke Rumah Sakit Halim untuk mendapatkan pertolongan.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya membenarkan peristiwa tersebut. Ia juga tak menampik akibat angin puting beliung membuat tiga tenda roboh dan menimpa pengunjung. “Iya, ada 20 orang yang terluka akibat kejadian tersebut. Namun mereka sudah boleh pulang setelah menjalani perawatan luka ringan yang dialaminya,” katanya, Jumat (21/4).

Atas kejadian itu, kata Jemi, pihaknya masih akan melakukan evaluasi pameran dirgantara expo. Pasalnya, akibat kejadian tersebut, pameran yang akan berlangsung hingga 23 April itu bisa saja dihentikan. “Untuk kelanjutan pameran tersebut, nanti akan dikabarkan lebih lanjut. Karena saat ini masih dalam tahap pembersihan,” ujarnya.

Jemi juga tak menampik, akibat puting beliung yang melanda Jumat (21/4) itu, pesawat Fokker 28 milik TNI AU juga terangkat. Namun ia belum mengetahui apakah terjadi kerusakan atau tidak pada peralatan tempur tersebut. “Pesawat memang ada yang terangkat, namun kondisinya belum diketahui, apakah ada kerusakan atau tidak,” ungkapnya.

TIMPA LIMA MOBIL DAN 14 MOTOR

Akibat angin puting beliung itu juga membuat pohon tumbang di Jalan Angkasa, menimpa lima mobil dan 14 motor. Kendaraan yang tengah terparkir itu rusak tertimpa pohon Angsana berdiameter 1,5 meter. Beruntung tak ada korban jiwa dari tumbangnya pohon yang terjadi di pelataran parkir tersebut.

Mobil yang terkena pohon tumbang yakni Honda Mobilio B 1977 NOB, Daihatsu Xenia B 1323 UIP, Daihatsu Sirion B 1743 WOP, Toyota Avanza B 2201 TB, Daihatsu Terios B 1531 TW, Toyota Kijang Kapsul B 1502 EMN dan Toyota Yaris B 1400 TIM. “Kalau motor, sedikitnya ada 14 unit yang rusak tertimpa pohon,” kata Yogi, 31, saksi.

Diceritakan Yogi, tumbangnya pohon itu berlangsung sangat cepat ketika angin bertiup sangat kencang. Tak lama berselang, pohon tiba-tiba roboh dan menimpa kendaraan yang ada. “Kalau kita semua cuma bisa menyelamatkan diri, nggak mikirin kendaraan,” tuturnya.

Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaiman mengatakan, pihaknya mengerahkan 20 personel untuk membantu puluhan PHL Suku Dinas Kehutanan Jakarta Timur. “Hampir satu jam kami berupaya untuk memindahkan pohon-pohon yang menimpa mobil tersebut,” tukasnya. (Ifand)

Terbaru

Dr. Azizah MA
Sabtu, 24/06/2017 — 2:00 WIB
Puasa Melatih Kesabaran
syiar
Sabtu, 24/06/2017 — 1:30 WIB
Ied dan Syiar
Arus Lalulintas di Kaligangsa menuju tol fungsional. (ist)
Jumat, 23/06/2017 — 23:20 WIB
Kapolri: Brexit Lancar, Problemnya di Rest Area