Saturday, 25 November 2017

Rashford jadi Pahlawan, MU Singkirkan Anderlecht

Jumat, 21 April 2017 — 5:43 WIB
Marcus Rashford rayakan gol kemenangan atas Anderlecht (reuters)

Marcus Rashford rayakan gol kemenangan atas Anderlecht (reuters)

INGGRIS- Rashford tampil jadi pahlawan kemenangan Manchester United agar bisa lolos ke semifinal Liga Europa setelah mengalahkan Anderlecht 2-1 pada laga leg kedua perempat final di Old Trafford, Jumat (21/4/2017) dinihari.

Tidak mudah bagi MU untuk memenangi laga tersebut. Butuh perpanjangan waktu dan Rashford jadi penentu dengan golnya pada menit ke-107. Pasalnya pada waktu normal keduanya bermain imbang 1-1 setelah sebelumnya tuan rumah unggul lewat gol Mkhitaryan menit ke-10 namun disamakan oleh tim tamu lewat gol Hanni pada menit ke-32.

Sebelumnya di kandang Anderlecht di Stade Constant Vanden Stock, Brussel, Belgia pekan lalu , kedua tim bermain 1-1. Dengan demikian Setan Merah unggul secara agregat 3-2.

Manchester United yang bertekad lolos dan juara Liga Europa sejak menit awal langsung menekan pertahanan Anderlecht. Namun justru tim tamu yang lebih dulu mengancam gawang MU. Tetapi berkat pertahanan yang apik dari anak asuh Mourinho itu, akhirnya usaha mencetak gol cepat Anderlecht gagal.

Justru MU yang mampu melakukannya. Pada menit ke-10 tuan rumah pun unggul. Berawal dari umpan terobosan matang Paul Pogba kepada Rashford di sisi kiri. Striker muda itu kemudian mencoba mengirim umpan kepada Zlatan Ibrahimovic yang sudah ada di dalam kotak penalti, namun bisa dihalau salah seorang bek lawan.

Bola kembali jatuh ke kaki Rashford, yang dengan cerdik mengirim umpan kepada Mkhitaryan yang dalam posisi bebas di dalam kotak penaltis. Pemain asal Armenia itu melepaskan sepakan ke gawang, tanpa bisa dihalau kiper Ruben.

Dua menit kemudian United nyaris menambah gol. Bola hasil sepak pojok disundul oleh Pogba namun bisa ditinju Ruben. Beberapa detik kemudian, giliran usaha Jesse Lingard yang melepaskan tembakan keras tepat di garis kotak penalti, namun bisa ditepis sang kiper juga.

Anderlecht juga punya peluang pada menit ke-21. Setelah memanfaatkan kesalahan Antonio Valencia dengan back-pass sundulan kepala, Acheampong merangsek masuk ke jantung pertahanan United dengan menaklukkan Rojo. Namun, sepakan sang striker hanya tipis ke sisi kanan gawang Romero. Rojo pun kemudian harus ditarik keluar karena cedera.

Peluang kembali didapatkan Anderlecht pada menit ke-27. Berawal dari umpan Appiach kepada Leander Dendoncker, yang langsung melepas tendangan melengkung ke arah gawang, namun bisa ditepis Romero sehingga keluar lapangan.

Anderlecht akhirnya bisa mencetak gol penyeimbang pada menit ke-32. Awalnya, Yoeri Tielemans melepas tendangan keras dari luar kotak penalti namun mengenai tiang gawang. Bola muntah jatuh ke kaki Lukasz Teodorczyk, yang kemudian langsung memberi umpan kepada Hanni. Sang kapten tidak menyia-nyiapan kesempatan dengan melepaskan sepakan keras, tanpa bisa diantisipasi Romero.

United berusaha mencari peluang .Pada menit ke-40, Luke Shaw melakukan pergerakan bagus dari sisi kiri kemudian menusuk ke tengah dan melepaskan sepakan dengan kaki kanannya, namun bisa dihadang Ruben. Namun akhirnya babak pertama berkesudahan dengan hasil imbang 1-1.

Awal babak kedua, Anderlecht mengancam MU lewat serangan balik yang diinisiasi Tielemans. Bola dikirim kepada Teodorczyk yang kemudian melepaskan sepakan keras dari depan kotak penalti, namun masih bisa diblok dengan kaki Valencia.

Anderlecht lag-lagi mendapat peluang menit ke-54. Umpan silang Chipciu dari sisi kanan disambut tandukan Teodorczyk, namun tepat mengarah kepada Romero.

MU tidak tinggal diam. Pada menit ke-63, sundulan Marouane Fellaini sayang masih bisa ditangkap Ruben.

Pada babak kedua MU maupun Anderlecht menyuguhkan laga menarik dan terjadi jual beli serangan. United tentu saja lebih banyak menekan. Segala usaha mereka lalukan untuk mencari gol kemenangan.

Seperti menit ke-71, tendangan Ibra dari dalam kotak penalti mampu dimentahkan Ruben dengan badannya. Giliran Pogba mengancam pada menit ke-78. Sepak pojok Mkhitaryan diteruskan dengan tendangan gelandang asal Prancis itu dari jarak dekat, namun bola hanya melambung di atas mistar gawang.

Rashford nyaris saja mencetak gol pada menit ke-89, namun lagi-lagi tendangannya masih belum mengenai sasaran karena hanya menyamping. Hingga pertandingan di waktu normal berakhir, dengan kedudukan sama imbang, laga dilanjutkan dengan babak tambahan waktu.

Memasuki laga pertambahan waktu, MU kembali menekan pertahanan tim asal Belgia itu. Seperti tendangan salto Pogba masih bisa diblok salah seorang pemain Anderlecht. Satu menit berselang, tendangan jarak jauh Mkhitaryan masih bisa ditangkap Ruben.

Pada menit ke-93, giliran Anderlecht yang mengancam dengan tendangan menyilang Ivan Obradovic, namun hanya ke sisi gawang Romero.

Memasuki menit ke-105, gawang Romero kembaliu terancam dengan tendangan keras jarak jauh, namun bisa ditepis dan kemudian ditangkapnya.

Rashford, yang sebelumnya kerap menyia-nyiakan peluang, akhirnya mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-107. Sang striker sukses memanfaatkan umpan sundulan Fellaini dengan sekali kontrol bola dan melepaskan sepakan kaki kiri ke pojok gawang, tanpa bisa ditepis Ruben.

Pada menit ke-110, United nyaris menambah gol. Umpan Anthony Martial, yang baru masuk di awal babak tambahan waktu, menggantikan Ibra, kepada Pogba di dalam kotak penalti, diteruskan dengan sepakan menyilang, namun masih bisa ditepis Ruben.

Anderlecht nyaris mencetak gol penyeimbang pada menit ke-116 ketika sundulan Acheampong dari jarak dekat mampu digagalkan Romero. Hingga pertandingan berakhir, United mampu menjaga keunggulan 2-1 sehingga memastikan diri lolos ke semi-final. (B)