Saturday, 25 November 2017

Marquez Start Pertama di GP Americas

Minggu, 23 April 2017 — 5:50 WIB
Marc Marquez (reuters)

Marc Marquez (reuters)

AMERIKA- Maverick Vinales yang sempat menguasai latihan bebas atau Free Practice akhirnya harus kalah dari Marc Marquez. Pebalap ESP Movistar Yamaha harus merelakan pole position atau star pertama kepada Marquez pebala Honda Repsol.

Vinales yang kini unggul dalam pengumpulan poin akan memulai balapan dari urutan kedua dalam balapan GP Americas di Circuit of The Americas, Minggu (23/4/2017)
Marquez meraih pole position setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi kedua (Q2), Sabtu (22/4/2017). Putaran terbaik yang dia bukukan adalah 2 menit 2,741 detik.

Bagi Marquez, ini merupakan pole position kelimanya setelah GP Americas lima kali digelar.

Sementara itu Valentino Rossi, akan balapan dari urutan ketiga.Di peringkat empat ada rekan Marquez, Dani Pedrosa, disusul rider Yamaha Tech3 Johann Zarco di posisi lima.

Lorenzo yang berjuang dari Q1, akhirnya start dari urutan keenam. Rekan setimnya di Ducati, Andrea Dovizioso, start dari posisi tujuh, disusul pebalap Yamaha Tech3 Jonas Folger di posisi delapan. Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Scott Redding (Pramac Ducati) mengunci posisi 10 besar.

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2), yang berlangsung selama 15 menit ini, Marquez langsung menggebrak dengan putaran terbaik 2 menit 3,675 detik.

Vinales dan Rossi hampir bersenggolan di tikungan 19, namun mereka mampu melanjutkan sesi.

Insiden juga mewarnai sesi ini. Memasuki lima menit pertama sesi berjalan, Miller terjatuh di tikungan 2.

Tak lama kemudian, Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) menjadi pebalap berikutnya yang terjatuh saat melewati tikungan 12.

Memasuki dua menit terakir sesi, Cal Crutchlow (LCR Honda) terjatuh di tikungan 11.

Di depan, Marquez dan Vinales saling bersaing memperebutkan posisi tercepat. Vinales memimpin setelah menyelesaikan putaran dalam 2 menit 2,871 detik.

Namun kondisi tersebut tidak bertahan lama. Marquez naik ke posisi tercepat dengan putaran terbaik 2 menit 2,741 detik dan berhak atas pole position.(B)