Wednesday, 28 June 2017

Kecelakaan Maut di Puncak, Polisi: Bus Tanpa Rem Tangan

Senin, 24 April 2017 — 7:15 WIB
Polisi menggelar olah TKP bus maut di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Polisi menggelar olah TKP bus maut di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

BOGOR (Pos Kota) – Sopir bus maut yang menabrak 12 kendaraan di Tanjangan Selarong, Megmendung, Bogor, ditetapkan sebagai tersangka.

Bambang Hernowo (52) masih menjalani pemeriksaan di Polres Bogor. “Ia sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Yusri Yunus, kepada wartawan.

Tabrakan itu menyebabkan empat orang tewas dan belasan lainnya luka-luka. Ia dijerat dengan pasal 359 dan 360 KUHP tentang perbuatan lalai yang menyebabkan orang lain terluka bahkan meninggal dunia.

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, mengatakan dalam pemeriksaan diindikasikan buku KIR yang dibawa sopir itu palsu dan tak berlaku. Ia juga mengatakan dalam olah TKP diketahui bagaimana kecelakaan itu terjadi.

“Kita sudah cek, bus tak punya rem tangan sudut pengereman hanya seidkit,” katanya pada wartawan. “Tanpa rem tangan dan kampas rem sedikit, jelas bus tak laik jalan.”

Kecelakaan itu bermula dari bus pariwisata yang diduga mengalami rem blong di turunan Selarong. Kendaraan yang ada di depannya pun diseruduknya hingga korban berjatuhan. (*/yp)