Friday, 20 October 2017

Korut Ancam Tenggelamkan Kapal Induk AS

Selasa, 25 April 2017 — 11:02 WIB
Pemimpin Korut, Kim Jong-un, di atas kapal perang Korut. (reuters)

Pemimpin Korut, Kim Jong-un, di atas kapal perang Korut. (reuters)

KOREA UTARA – Mendekatkan kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Carl Vinson, ke wilayah Korea Utara (Korut) rupanya membuat berang negera pimpinan Kim Jong-un tersebut. Ancaman untuk menenggelamkan kapal AS pun disuarakan.

“Tentara revolusi kan siap bertempur untuk mengenggelamkan kapal tempur AS yang membawa nuklir hanya dengan sekali pukul,” kata editorial koran milik Partai Pekerja, Rodong Sinmum, dilansir Fox News, Selasa (25/4/2017).

Koran tersebut juga menyebutkan  USS Carl Vinson sebagai ‘binatang yang menjijikan’ dan mengatakan, serangan kepada kapal induk itu adalah ‘contoh nyata seperti apa militer kami’.

Seperti diketahui, USS Carl Vinson mendapat perintah dari Presiden AS, Donald Trump untuk berlayar ke Semenanjung Korea.

Ketegangan antara Korut dan AS semakin meningkat, terutama setelah adanya ancaman akan ada uji coba nuklir dan seorang warga AS yang kembali ditahan Korut. Untuk mencoba meredakan suasana, Presiden China, Xi Jinping, kabarnya menghubungi Trump dan meminta Trump lebih menahan diri dalam menghadapi Korut. (embun)