Thursday, 18 October 2018

Ahok Persilakan Anies-Sandi Lepas Saham Pemprov DKI di Pabrik Bir

Rabu, 26 April 2017 — 20:37 WIB
Gubernur Basuki Tjahaja Purnamas (Ahok). (ikbal)

Gubernur Basuki Tjahaja Purnamas (Ahok). (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengomentari niat Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang akan melepas saham milik Pemprov DKI di PT Delta Djakarta yang memproduksi bir Anker.

Menurut Ahok jika Pemprov DKI melepas saham perusaahan yang memproduksi bir ini, harus memiliki alasan yang tepat dan dan harus pula diketahui pembelinya.

“Kalau mau jual ya silakan, lelang terbuka. Supaya yang belinya jelas. Yang penting bagi saya apapun boleh, transparan saja. Terus alasannya apa. Kalau alasannya produk bir gak boleh punya saham, itu perda lho yang mengatur,” ujarnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Menurut Ahok, PT Delta Djakarta merupakan sejarah sendiri bagi Jakarta. Saham sebesar 26,25 milik Pemprov juga menguntungkan menurutnya. Diketahui, sejak 1967, saham perusahaan bir ini diserahkan ke Pemprov DKI Jakarta berdasarkan Undang-Undang Penanaman Modal Asing Nomor 1 Tahun 1967.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengingatkan jikapun harus melepas saham PT Delta Djakarta, harus didasarkan pada peraturan daerah yang berlaku di Indonesia.

“Kita ini bukan negara syariat agama. Saya tegaskan berkali-kali. Ini negara Pancasila. Anda kalau mau kampanye menjual agama silakan, tapi kalau begitu anda masuk, anda tidak bisa bikin peraturan berdasarkan alasaan syariat agama. Ini negara Pancasila,” tegas Ahok.

Diketahui, pasangan Anies-Sandi dalam kampanyenya berjanji akan melepas saham PT Delta Djakarta yang memproduksi minuman bir. (ikbal)