Tuesday, 22 August 2017

Terbakar di Perairan Kepulauan Seribu, Kapal Carteran Tenggelam

Kamis, 27 April 2017 — 11:14 WIB
Petugas sedang memadamkan kapal yang terbakar.(twitter damkar Jakarta Utara)

Petugas sedang memadamkan kapal yang terbakar.(twitter damkar Jakarta Utara)

JAKARTA (Pos Kota) – Kebakaran di kapal carteran di perairan Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, telah dipadamkan, Kamis (27/4/2017). Kapal tersebut kemudian tenggelam.

“Pemadaman sudah selesai, termasuk pendingan sudah dilakukan,” ujar Eko, petugas di Posko Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, kepada PosKotaNews. “Kapal akan ditarik tapi tenggelam.”

Menurutnya, jalur tempat kapal itu terbakar termasuk jalur sibuk. Karenanya, saat muncul api banyak kapal nelayan mendekat untuk memberi pertolongan.

“Kebetulan juga ada kapal Ditpol Air Polda Metro Jaya Patroli sehingga penumpang bisa cepat dievakuasi sebelum api besar,” ungkapnya.

Kru kapal carteran, sambungnya, biasanya terdiri dari satu nakhoda dan tiga sampai empat anak buah kapal. “Kami belum mendapat informasi pasti jumlah penumpang kapal, tapi dilihat dari gambarnya paling 10 orang, termasuk kru,” katanya.

(Baca: Angkut Penumpang, Kapal Carteran Terbakar di Perairan Kepulauan Seribu)

Kapal yang terbakar itu berangkat dari dermaga 17 sekira pukul 08:00. Tujuannya Pulau Resort, Kepulauan Seribu Utara. “Kapal carteran memang mengaangkut jumlah penumpang terbatas, biasanya wisatawan,” katanya. (yp)