Monday, 20 November 2017

Radja Nainggolan Ingin Bantu Sepakbola Indonesia

Sabtu, 29 April 2017 — 6:41 WIB
Radja Nainggolan. (reuters)

Radja Nainggolan. (reuters)

ITALIA – Bintang sepakbola klub Liga Italia AS Roma Radja Nainggolan menyatakan keinginannya ikut membantu persepakbolaan Indonesia, khususnya melalui pembinaan dan pengembangan talenta-talenta muda.

Hal tersebut disampaikan Radja Nainggolan, pemain tim nasional Belgia keturunan Indonesia, saat berkunjung ke kantor Kedutaan Besar RI di Roma, Italia.

Konselor Pensosbud KBRI di Roma, Charles F. Hutapea kepada Antara Kamis (Jumat WIB), mengatakan, di tengah padatnya jadwal latihan dan pertandingan di Liga Italia, Radja menyempatkan diri berbincang dengan pejabat KBRI Roma mengenai kemungkinan kerja sama pengembangan talenta sepakbola anak-anak dan remaja Indonesia.

Nainggolan, seperti dikutip Pensosbud KBRI Roma, mengatakan anak-anak dan remaja Indonesia sesungguhnya dapat menjadi pemain sepakbola berkelas internasional. Namun hal ini terhambat oleh minimnya kesempatan pengembangan diri talenta pemain muda Indonesia.

Beberapa nama pemain nasional Indonesia yang dikenalnya antara lain Andik Vermansyah, sebagai salah satu contoh pemain yang memiliki talenta istimewa.

Nainggolan merasa separuh dirinya adalah orang Indonesia. Meski tidak fasih berbahasa Indonesia, namun ia masih menjalin komunikasi secara intensif dengan ayah kandung dan keluarganya yang berada di Indonesia. (john)