Thursday, 20 September 2018

Penyidik KPK Cari Alasan Miryam Cabut BAP

Senin, 1 Mei 2017 — 19:53 WIB
miryam1(rihadin)

JAKARTA (Poskotanews.com) -Miryam S Haryani tersangka dugaan kesaksian palsu diharapkan mau buka-bukaan soal para pengancam yang membuat dirinya mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) dalam sidang dugaan korupsi E-KTP.

“Kita imbau tersangka untuk memberikan keterangan apa saja yang diketahui,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah, Senin (1/5/2017).

Tim penyidik akan menelusuri pihak-pihak yang melatarbelakangi pencabutan keterangan Miryam dalam sidang 23 Maret lalu. Miryam kemudian memberikan keterangan yang bertolak belakang dengan menyebut tidak tahu menahu soal bagi-bagi duit E-KTP.

Padahal dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Miryam memaparkan dengan detail tentang bagi-bagi uang itu. Akhirnya majelis hakim meminta jaksa KPK menghadirkan 3 penyidik KPK yang dikonfrontasi dengan Miryam.

Tapi Miryam tetap mencabut keterangannya dalam BAP hingga akhirnya KPK menetapkan Miryam sebagai tersangka pemberian keterangan palsu. Saat hendak mau diperiksa, Miryam tidak pernah datang hingga akhirnya politisi Partai Hanura itu dinyatakan buron.(us)