Saturday, 25 November 2017

Tidak ke Balaikota, Anies Akan Jadikan Kantor Lurah Tempat Pengaduan

Rabu, 3 Mei 2017 — 21:54 WIB
Anies Baswedan

Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan berencana menjadikan kantor kelurahan sebagai tempat pengaduan warga. Jadi tidak hanya kepada gubernur di Balai Kota, warga Ibu kota dapat berkeluh kesah terkait permasalahan lingkungan dan program-program pemerintahan kepada lurah setempat.

“Malah mau dibuat sampai kelurahan,” kata Anies, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu ( 3/5/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, tujuan dipersilakannya warga mengadu langsung ke kelurahan agar lurah setempat bisa langsung membantu menangani masalah yang terjadi di wilayahnya.

Selain itu, sekaligus juga mengajak lurah dan perangkat kerja SKPD peka terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Sehingga bukan hanya gubernur yang bisa menyelesaikan permasalahan ibu kota.

“Biar gak ‘superman’ tapi super tim yang hebat. Bukan cuma gubernurnya tapi juga lurahnya hebat,” imbuh mantan Ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) rutin setiap pagi menerima kedatangan warga yang ingin mengadukan permasalahan terkait fasilitas publik, persyaratan administrasi hingga program-program pemerintah. Tak jarang, permasalahan yang diadukan segera tertangani berkat bantuan mantan Bupati Belitung Timur itu.

Rutinitas itu pun hingga kini masih berjalan. Meski masa tugasnya tersisa sekitar lima bulan lagi, Ahok masih membuka pintu Balai Kota untuk warga. (julian)