Wednesday, 17 October 2018

Besok, KPU DKI Tetapkan Anies-Sandi Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Kamis, 4 Mei 2017 — 20:33 WIB
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno,. (yendhi)

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno,. (yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Tak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta  akan menetapkan Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta periode 2017-2022, Jumat (5/5/2017).

“Berakhirnya masa gugatan kan hari ini. Kemudian hasil pleno rekapitulasi sudah didapatkan kemarin dan tidak ada informasi dari MK soal gugatan. Karena tidak ada gugatan maka kami bisa tetapkan (Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih) besok,” kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, saat dihubungi, Kamis (4/5/2017).

Rencananya, penetapan akan digelar di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya Nomor 15, Paseban, Jakarta Pusat, pukul 14:00 WIB. Selain Anies-Sandi, pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) juga diundang menghadiri acara. “Masing-masing juga nanti akan kami persilakan menyampaikan sambutan,” ujar Sumarno.

Meski begitu, ia hanya dapat memastikan kehadiran pasangan Anies dan Sandi. Sementara, pasangan Ahok dan Djarot belum memberikan konfirmasi.

“Kita sudah dapat konfirmasi untuk pasangan nomor urut tiga dipastikan hadir, namun untuk pasangan nomor urut dua belum ada konfirmasi lebih lanjut tapi kami tetap undang,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta telah mengesahkan hasil rekapitulasi Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua, Minggu (30/4/2017). Dari hasil rekapitulasi surat suara itu, perolehan suara terbanyak diraih Anies-Sandi dengan perolehan 3.240.987 suara atau 57,96 persen.

Sementara pasangan Ahok-Djarot memeroleh 2.350.366 suara atau 42,04 persen. Hasil itu merupakan perolehan suara tingkat provinsi.

Dengan hasil tersebut, maka sudah dapat dipastikan Anies dan Sandi akan menggantikan Ahok-Djarot sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Pelantikan atau serah terima jabatan akan dilakukan pada Oktober mendatang. (julian/win)