Friday, 18 August 2017

Tekuk Lyon 1-4, Satu Kaki Ajax di Final Liga Europa

Kamis, 4 Mei 2017 — 6:13 WIB
Bertrand Traore rayakan dua gol ke gawang Lyon (reuters)

Bertrand Traore rayakan dua gol ke gawang Lyon (reuters)

BELANDA– Tekuk Olympique Lyonnais atau Lyon 1-4 satu kaki Ajax Amsterdam sudah di final Liga Europa.

Pada laga yang dihelat di Amsterdam ArenA, Kamis (4/5/2017) dinihari WIB, keempat gol Ajax dicetak oleh Traore menit ke-25 dan 71, Dollberg menit ke-34 dan Yones menit ke-49. Sedangkan gol balasan Lyon diciptakan oleh Valbuena pada menit -66.

Dengan kemenangan leg pertama semifinal Liga Europa ini Ajax bakal nyaman ke kandang Lyon di Parc Olympique Lyonnais, 12 Mei nanti. Pasalnya wakil Prancis ini harus menang minimal 3-0 agar bisa membalikkan keadaan.

Pemain-pemain Ajax tampil penuh determinasi sejak awal . Mereka membuka keunggulan pada menit ke-25 setelah eksekusi tendangan bebas akurat Hakim Ziyech diteruskan oleh sundulan Bertrand Traore.

Ajax sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Buruknya koordinasi lini belakang Lyon membuat Kasper Dolberg dalam posisi terbuka menerima sundulan Traore dan dengan mudah melepaskan tembakan yang bersarang ke gawang Anthony Lopes.

Dominasi tuan rumah terus berlanjut sepanjang babak pertama . Namun beberapa peluang tidak bisa dimanfaatkan sehingga babak pertama berksesudahan dengan kedudukan 2-0 untuk Ajax.

Empat menit memasuki babak kedua, Younes membawa Ajax unggul 3-0. Younes lolos sendirian setelah menerima umpan dari Ziyech. Dia dengan tenang menggiring bola di kotak penalti dan tembakannya berbuah gol ketiga Ajax.

Lyon menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-3 pada menit ke-66. Tembakan keras Valbuena dari dalam kotak penalti tak bisa dijangkau penjaga gawang Ajax, Andre Onana.

Tapi, Ajax kembali menjauh saat pertandingan berusia 71 menit. Traore menyontek umpan silang dari Ziyech untuk mengubah skor menjadi 4-1.

Kendati unggul cukup jauh, Ajax sama sekali tak mengendurkan tekanan mereka dan beberapa kali tetap menebar ancaman. Laga bahkan semakin seru di sepuluh menit akhir dengan Lyon berusaha mencari tambahan gol tandang. Hanya saja hingga laga selesai keungggulan 4-1 milik Ajax tetap bertahan.(B)