Monday, 26 June 2017

Tekuk Celta Vigo 0-1 MU Buka Peluang ke Final Liga Europa

Jumat, 5 Mei 2017 — 5:11 WIB
Marcus Rashford bersama Valencia rayakan gol ke gawang Celta Vigo (reuters)

Marcus Rashford bersama Valencia rayakan gol ke gawang Celta Vigo (reuters)

SPANYOL– Manchester United berhasil mencuri poin penting dari kandang Celta Vigo di Estadio de BalaĆ­dos pada leg pertama semifinal Liga Europa dengan kemenangan 1-0 Jumat (5/5/2017) dinihari WIB.

Adalah Rashford yang jadi pahlawan Setan Merah dengan golnya pada menit ke-67. Dan ini tentu modal positif ketika MU nanti 12 Mei 2017 di Old Trafford, jadi tuan rumah leg kedua. Sebab bermain seri pun pasti membawa Man United ke final melawan pemenangan Ajax dengan Lyon.

Kemenangan ini juga mampu menghilangan kutukan bahwa selama ini Manchester United selalu kesulitan jika berlaga melawan tim Spanyol di negara matador itu.

Sejak menit awal laga berjalan menarik. Tentu saja Celta Vigo ingin menciptakan gol cepat untuk menekan tamunya. Dan pada menit ke-11, Celta mendapat peluang pertama melalui sundulan Daniel Wass yang melenceng kendati dalam posisi bebas ketika menerima umpan dari Nemanja Radoja.

United juga membalas. Menit ke-20 mereka mendapat peluang lewat tembakan melengkung Marcus Rashford tak mampu ditepis secara gemilang oleh Sergio Alvarez.

Lagi-lagi kiper Celta Vigo yang jadi pengganjal gol MU. Seperti ketika Henrikh Mkhitaryan dan Jesse Lingard yang sudah berhadapan dengan Alavarez, namun kedua penyerang United tersebut tak bisa memperdaya kiper Celta . Skor kacamata pun bertahan hingga turun minum.

Babak kedua diawali dengan gebrakan Celta yang berusaha untuk mengejutkan tim tamu. Dua peluang tercipta dalam kurun waktu yang berdekatan melalui sundulan Iago Aspas pada menit ke-52 serta aksi Pione Sisto beberapa menit berselang, hanya saja sama sekali tak mengubah keadaan.

Namun justru MU yang unggul duluan. Berawal dari serangan balik yang cepat. Untuk menahan laju serangan itu, pemain belakang Celta harus melanggar pemain MU yang berbuah tendangan bebas. Eksekusi bola mati yang dilepaskan Rashford mulus ke sisi kiri gawang Celta yang kali ini tak mampu diselamatkan Sergio Alvarez.

Celta memiliki kesempatan untuk bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-73, tapi sayangnya tembakan Iago Aspas yang meneruskan umpan silang Jonny tipis melebar. Hal yang sama dilakukan Lingard bagu United beberapa saat kemudian dengan tendangannya melesat ke sisi kanan gawang Celta.

United mengendurkan intensitas serangan mereka dalam sepuluh menit akhir permainan, sementara Celta sebaliknya bersemangat agar terhindar dari kekalahan. Usaha keras para penggawa tuan rumah untuk menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil hingga peluit panjang dibunyikan wasit.(B)