Wednesday, 19 June 2019

Polres Tenggamus Sidak ke Lapas dan Rutan

Senin, 8 Mei 2017 — 7:14 WIB
Suasana sidak di lapas

Suasana sidak di lapas

LAMPUNG (Pos Kota) – Petugas Polres Tanggamus dan Polsek Kota Agung, menggelar operasi inspeksi mendadak (sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Way Gelang, Kota Agung Barat, dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Agung.

“Opersi yang digelar, sebagai upaya untuk memonitoring keamanan di lingkungan lapas dan rutan,” kata Kabag Ops Polres Tanggamus, Kompol. Aditya Kurniawan.

Menurut Aditya Kurniawan, selain upaya pengamanan, , pihaknya juga mengecek seluruh ruangan dan bagunan Lapas dan Rutan. “Ini dilakukan untuk mengetahui kondisi bangunan lapas dan rutan, agar tidak terjadi seperti di Rutan Kelas II B Pekan Baru, Riau,” ujarnya.

Baru-baru ini, lebih lanjut kata Aditya Kurniawan, di Rutan Kelas II B Pekan Baru ratusan narapidana melarikan diri.

Oleh sebab itu, sebagai antisipasi menjaga keamanan para penghuni Lapas dan Rutan serta menjaga hal serupa tidak terjadi di Lapas atau Rutan di wilayah hukum Polres Tanggamus pihaknya menggelar operasi mendadak dan pengecekan ruang tahanan juga kondisi bangunan Lapas dan Rutan.
Dari hasil pendataan, tambah Aditya, jumlah narapidana di Lapas Way Gelang Kota Agung Barat, 450 orang. Sedangkan di Rutan Kelas II B Kota Agung, 116 orang.”Situasi di dalam aman dan kondusif, untuk kondisinya ruang tahanan dan bangunan dari hasil pengecekan masih baik,” tambahnya.(koesma)