Monday, 22 October 2018

Jelang Puasa, Polda Lampung Bentuk Tim Satgas Pangan

Selasa, 9 Mei 2017 — 0:55 WIB
Kombes Pol. Rudi Setiawan

Kombes Pol. Rudi Setiawan

LAMPUNG (Pos Kota) – Jelang puasa (Ramadhan), Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung mulai melakukan Mapping (Pemetaan) 11 bahan pokok dari pendistribusian hingga ke konsumen.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung, Kombes Pol. Rudi Setiawan, saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (8/5) mengatakan mapping dilakukan agar bisa diketahui dengan jelas dari mana awalnya pendistribusian bahan pokok, kemana didistribusikan bahan pokok, dan bagaimana pendistribusiannnya.

“Tim Satgas Pangan, akan terjun langsung memantau ke pasar tradisional dan pasar modern seperti, pasar tradisional di Natar, dan pasar modern seperti, Supermarket Chandra,”ujarnya.

Diantaranya seperti, penyediaan beras di Bulog, hewan potong dari rumah potong hewan dan gas elpiji seberat 3 Kg yang distribusi dari Pertamina.
“Jika sudah mengetahui hal itu dari hulu hingga kehilir, Satgas Pangan akan mudah untuk melakukan pemantauan dan pengawasan,”terangnya.

Lebih lanjut Rudi Setiawan menjelaskan, pantauan dan pengawasan hingga pada tindakan tegas tanpa kompromi atau toleransi yang dilakukan, tujuannya pada saat hari besar masyarakat tidak menjadi korban kelangkaan bahan pokok atau melonjaknya harga bahan pokok akibat ulah spekulan yang mencari keuntungan besar untuk diri sendiri.

Mengenai sanksi, jika ditemukan adanya kecurangan maka pihaknya akan menjerat pelakunya dengan Undang-undang (UU) yang berlaku diantaranya, UU tentang Industri, Perdagangan, dan Hortikultura.

Untuk mempermudah masyarakat melapor, terkait dengan adanya indikasi kecurangan tersebut, Rudi Setiawan menambahkan, masyarakat bisa menghubungi colt center dengan cara menghubungi nomor, 082186762233.

“Satgas Pangan untuk Provinsi saya yang mengetuai. Untuk pembentukannya, rencananya akan kita rapatkan pada Jumat (12/5) mendatang,”tambahnya. (koesma)