Thursday, 19 September 2019

Dandim Indramayu: TMMD di Dadap Selesaikan 357 Sasaran Fisik

Jumat, 12 Mei 2017 — 7:56 WIB
Bupati Indramayu menandatangani naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD. (taryani)

Bupati Indramayu menandatangani naskah penyerahan hasil kegiatan TMMD. (taryani)

INDRAMAYU (Pos Kota) – Dandim 0616 Indramayu Letkol Arhd Benny Febrianto mengemukakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang berlangsung sebulan berhasil menyelesaikan 357 sasaran fisik.

“Di antara sasaran fisik yang berhasil diselesaikan itu adalah pembangunan jalan baru, pembuatan jembatan serta renovasi rumah ibadah dan rehab rumah tidak layah huni (Rutilahu). Sedangkan kegiatan non fisik yang berhasil dicapai berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional.

Dihubungi Pos Kota saat penutupan kegiatan TMMD di Desa Dadap, kemarin, Dandim 0616 Indramayu mengharapkan, melalui TMMD pembangunan di desa bisa dilaksanakan lebih cepat dan wajah desa tertinggal akan lebih bagus. “Selain itu, desa yang semula kumuh menjadi lebih bersih. Dan yang paling penting, adanya kemanunggalan antara TNI – Rakyat dan Aparat serta elemen masyarakat lainnya,” ujarnya.

Dikatakan, pemerintah sekarang ini sangat condong terhadap TMMD untuk membangun desa secara cepat atau instan. Awalnya TMMD itu dilaksanakan setahun dua kali. Sekarang ditingkatkan menjadi setahun tiga kali.

Itu berarti kata Dandim 0616 Indramayu Pemerintahan Daerah berusaha meningkatkan kerjasama dalam rangkaian TMMD ini di tiap wilayah. “Dari pimpinan TNI menyambut baik dan memerintahkan seluruh jajaran Kodim melaksanakan TMMD ini secara maksimal di wilayah masing-masing,” tegas Dandim 0616 Indramayu.

Dikatakan, pembangunan desa yang pelaksanaannya melalui TMMD yang dilakukan jajaran TNI pembagian tugasnya untuk tenaga ahli dari pihak sipil. Untuk pekerjanya dilakukan jajaran TNI dan masyarakat sehingga ada penghematan dari pekerjaan yang dilakukan jajaran TNI bisa menambah volume pembangunan.

Dandim menambahkan, TMMD merupakan salah satu upaya pemerintah melalui TNI membangun dan memperkuat ketahanan masyarakat untuk menjaga kedaulatan NKRI. Penutupan kegiatan TMMD di Desa Dadap diisi kegiatan Donor Darah, Sunatan Masal dan Pasar Murah.

(taryani/sir)