Thursday, 27 July 2017

Aku Suka Semua Hari

Selasa, 16 Mei 2017 — 5:30 WIB
belanjauang

ADA sebagian orang yang nggak suka hari Senin. Kenapa? Ya banyak sebabnya, bisa jadi karena habis liburan, asyik-ayikan, eh sudah harus memulai lagi pekerjaan yang menumpuk dengan berbagai masalah?

“Ya, dan banyak lagi lah alasan kenapa nggak suka sama hari pertama untuk memulai kegiatan. Padahal, seharusnya pada hitungan pertama, memulai dengan penuh semangat!” ujar sahabat Bang Jalil yang bicara melalui HP di seberang sana.

Dan sebelum Bang Jalil menjawab, sahabatnya bicara lagi; “ Kata orang bijak, kalau sesuatu di mulai dengan semangat, hasilnya juga akan baik. Kalau dia pekerja akan menghasilkan produk yang bagus. Tapi, kalau diawali dengan malas-malasan, maka hasilnya juga nggak maksimal!”

Bang Jalil merenung. Betul juga kata sahabatnya. Nah, kayaknya ini bisa dilakukan oleh para pejabat baru; walikota baru, bupat baru, gubernur baru dalam memimpin daerahnya. Melaksankan program- program sesuai yang dijanjikan. Rakyat menunggu hasilnya.

Sudahi omong doang. Yang sekarang ini kerja kerja dan kerja keras! Rakyat tuh nggak minta banyak-banyak, yang penting semua kebutuhan pokok bisa terjangkau, syukur ada sandang papan murah? “Hidup tentram, aman , nggak ada kejahatan, dan kegaduhan di mana-mana. Begitu,ya Pak?” kata sang istri yang selalu tahu isi pikiran Bang Jalil.

“Ini urusan hari Senin, kok ibu melebar ke sembako, sih? ”komentar Bang Jalil.

“Iya dong,Pak. Ibu kan juga ngitung uang belanja dari Senin, sampai nggak seminggu? Kalau sembako naik, apa-apa naik, kayaknya hari Selasa aja udah tekor,nih?” kata sang istri.

“Jadi Ibu nggak suka hari Senin?” Tanya Bang Jalil, iseng.

“O, seneng banget. Kan Bapak puasa Senin-Kemis, jadi ibu nggak bikin kopi?”

Bang Jalil tersenyum. Dia sendiri nggak penah membeda-bedakan hari. Senin sampai Minggu, semua bagus. Di situ ada rezekinya! – massoes