Saturday, 19 August 2017

Lukisan Picasso Terjual Senilai Rp598 Miliar

Rabu, 17 Mei 2017 — 2:36 WIB
Picasso melukis kekasihnya Dora Maar yang memakai topi berwarna ungu, dengan gaya menyimpang yang khas.

Picasso melukis kekasihnya Dora Maar yang memakai topi berwarna ungu, dengan gaya menyimpang yang khas.

SALAH satu lukisan karya Pablo Picasso yang paling terkenal terjual senilai US$45 juta atau sekitar Rp598 miliar dalam acara lelang di New York Amerika Serikat.

Lukisan berjudul, Femme Assise, Robe Bleu (Seated Woman in Blue Dress) menampilkan salah satu dari sekian banyak kekasih Picasso, Dora Maar.

Selama Perang Dunia Kedua, Nazi menyita lukisan tersebut namun dalam perjalanannya dari Paris ke Moravia diambil kembali oleh pejuang Perlawanan Prancis.

Pada 2015, karya Picasso lainnya yang berjudul Women of Algiers terjual seharga US$179 juta (atau sekitar Rp 2 triliun) di balai lelang Christie’s – sebuah rekor penjualan lukisan di tempat lelang.

Lukisan berjudul Seated Woman ini jatuh ke tangan seorang kolektor AS dan enam tahun yang lalu karya Picasso ini terjual seharga US$26 juta (atau sekitar Rp345 miliar).

Dora Maar dan Picasso memiliki hubungan yang intens selama sembilan tahun. Ia melukis Seated Woman pada tahun 1939, saat berusia 58 tahun dan Dora kala itu berumur 31 tahun.

Ini merupakan salah satu lukisan terkenal Picasso di tahun-tahun pertengahannya, yang seringkali terinspirasi oleh cinta dan hasrat seksual yang kuat, lapor koresponden seni BBC, Vincent Dowd.(BBC)