Thursday, 21 September 2017

Penasihat Presiden Turun Tinjau Harga Sembako di Serang

Kamis, 18 Mei 2017 — 18:15 WIB
Wakil ketua wantimpres IGK Manila saat berkunjung ke lapak pedagang di Pasar Induk Rawu Kota Serang

Wakil ketua wantimpres IGK Manila saat berkunjung ke lapak pedagang di Pasar Induk Rawu Kota Serang

SERANG (Pos Kota) – Rombongan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) melakukan peninjauan komoditas pangan di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Kamis (18/5). Rombongan meninjau beberapa lapak pedagang kebutuhan barang pokok di antaranya beras, sayur dan daging di dalam pasar.

“Kita bukan muu memantau harga di pasaran, tapi mau melihat stok pangan menghadapi Bulan Ramadhan,” kata Wakil Ketua IGK Manila didampingi Ketua Tim Pengkajian Analisa Harga, Iskandar Andi Nuhung.

IGK Manila mengatakan telah melakukan kajian di bidang pertanian khususnya padi, beras, bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Melihat kenaikan pada beberapa komoditas seperti beras, cabe, dan bawang merah, Andi melihat akibat permintaan dan ketersediaan yang tidak seimbang. “Harga naik ketika suplai kurang,” kata dia.

Persoalannya, lanjut dia, adalah daya beli masyarakat. “Apakah harga terjangkau konsumen atau tidak. Biaya produksi dan konsumen harus dinikmati petani. Petani harus menikmati margin distribusi. Tidak hanya dinikmati pengusaha tapi petani,” jelasnya.

Selama ini persoalan distribusi barang yang tidak merata, menimbulkan harga yang juga tidak merata. “Ketika harga naik karena ketersediaan barang tidak ada, maka pemerintah harus melakukan intervensi. Sebaliknya, ketika suplai di pasar banyak maka pemerintah juga harus turun untuk membeli, itulah fungsinya Bulog,” katanya.

Hadir dalam peninjauan pasar Kepala Disperindag Banten Babar Suharso dan Kepala Disperindag Kota Serang Akhmad Benbela. (haryono/win)