Tuesday, 30 May 2017

Per Bulan, Rp60 Miliar Biaya Kesehatan di Tiga Wilayah Ini

Kamis, 18 Mei 2017 — 20:34 WIB
bpjs kesehatan

SUKABUMI (Pos Kota) – Per bulan, biaya kesehatan ditanggung  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Sukabumi, mencapai Rp60 miliar. Besaran nilai itu melingkupi Kabupaten Cianjur, serta Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Sukabumi, Adrian Ridwan Malik mengatakan pembayaran itu dialokasikan untuk seluruh fasilitas kesehatan pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL).

Disebutkannya, peserta BPJS Kesehatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur mencapai 3,4 juta jiwa. Jika dipersentase, tingkat kepesertaannya sudah mencapai sekitar 70%.  Khusus di Kota Sukabumi, tingkat kepesertaan sudah mencapai 81% dari total populasi penduduk.

“Tingkat kepesertaan relatif tinggi, namun belum barengu dengan tingkat pemahaman hak-hak masyarakat sebagai peserta,” terangnya, Kamis (18/5/2017).

Maka itu, BPJS gencar melakukab sosialisasi. Namun langkah itu butuh waktu karena saat ini sistem jaminan sosial nasional (SJSN) banyak melibatkan banyak pemangku kebijakan.

Dari kepersertaan berada di bawah koordinasi Kementerian Sosial, dari pelayanan kesehatan koordinasinya dengan Kementerian Kesehatan, dan dari sisi anggarannya berhubungan dengan Kementerian Keuangan.   “Per bulan, rata-rata  kami  membayar klaim ke seluruh fasilitas kesehatan mencapai Rp60 miliar,” cetusnya. (sule/win)