Wednesday, 23 August 2017

Puasa Diperkirakan Serentak

Jumat, 19 Mei 2017 — 23:44 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1438 Hijriah, pada Jumat (26 /5). Sejumlah organisasi kemasyarkatan (Ormas) Islam diundang untuk mengikuti jalannya Sidang Isbat untuk penentuan 1 Ramadan.

“Kita akan mengadakan Sidang Isbat, untuk menetapkan apakah saat itu hilal (bulan) sudah bisa dilihat, sebagaimana pertanda keesokan harinya kita memasuki awal Ramadjhan,” ujar Menteri Agama Lukman.Hakim Saifudin, Jum’at (19/5).

Sidang Isbat membahas hasil pemantauan hilal di sejumlah titik untuk mengetahui awal bulan Ramadhan. “Kalau tidak (terlihat hilal), sebagaimana kelaziman yang berlaku, bahwa kita akan menggenapkan Bulan Syaban menjadi 30 hari, sehigga puasanya, 1 Ramadhan baru lusanya,” kata Lukman.

Hal yang sama disampaikan Plt Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin, bahwa Sidang Isbat akan digelar Kemenag pada 26 Mei 2017.
Ia mengatakakan seperti biasa dalam sidang tersebut akan mengundang pimpinan Ormas Islam, termasuk perwakilan dari negara-negara sahabat. “Sidang Isbat akan dipimpin Menteri Agama,” terang Kamaruddin.

Ketua PP Muhammadiyah Muhyiddin Djunaedi, menyatakan umat Islam tahun ini akan mengawali Ramadhan secara serentak. Sebab Jumat 26 Mei 2017, hilal sudah terlihat di atas ufuk. (Johara)