Monday, 11 December 2017

Eksekusi Tahap Keempat

Sudah Ada Nama-nama Bandar Narkoba Segera Dieksekusi Mati

Jumat, 19 Mei 2017 — 21:57 WIB
Jaksa Agung HM Prasetyo.(dok)

Jaksa Agung HM Prasetyo.(dok)

JAKARTA (Pos Kota)  – Kejaksaan Agung sudah mengantongi nama-nama bandar dan gembong narkotika untuk dieksekusi  mati,  pada tahap empat mendatang.

“Nama-namanya sudah ada, ” kata Jaksa Agung M Prasetyo, usai sholat Jumat,  di Masjod Al Adli,  Kompleks Kejagung, Jumat (19/5).

Namun,  pria berkumis mantan politisi Nasdem ini belum dapat memastikan siapa-siapa saja terpidana (Napj) mati yang sudah siap untuk dieksekusi,  di hadapan regu tembak, karena semua masih dalam proses penelitian.

“Kita lihat apakah semua haknya sudah diberikan atau belum? Jangan sampai nanti setelah dieksekusi, ada yang protes lagi, ini kan belum mengajukan grasi, belum mengajukan Peninjauan Kembali (PK).”

Prasetyo mwngakui hal ini merupakan kendala jaksa eksekutor,  sebab grasi bisa diajukan kapan saja.  “Ini tentunya kita akan minta fatwa MA untuk batasan-batasan itu. Nggak bisa dibiarkan lepas tanpa ada pembatasan, karena kalau sudah seperti itu, menjadi tidak ada lagi kepastian hukum. ”

Masih Berlaku

Jaksa Agung menyatakan pidana mati masih merupakan hukum positif,  yang diatur dalam Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) sehingga tidak ada keraguan untuk melaksanakan pidana mati.

“Selain itu,  dalam agama Islam menyatakan demikian.  Jadi ino menambah keyakinan kita untuk melaksanakan eksekusi mati, ” jelasnya. Sampai kini,  sudah 14 orang terpidana mati dieksekusi mati,  sejak Prasetyo menjadi Jaksa Agunh menggantikan Basref Arief. (ahi/win)