Tuesday, 23 May 2017

Warga Duren Sawit Khatamkan Alquran dalam Satu Malam

Jumat, 19 Mei 2017 — 19:16 WIB
Kegiatan khatam Alquran dalam satu malam yang dilakukan warga Duren Sawit. (Ifand)

Kegiatan khatam Alquran dalam satu malam yang dilakukan warga Duren Sawit. (Ifand)

JAKARTA (Pos Kota) – Menyambut bulan suci Ramadhan, ratusan warga RW 10 Duren Sawit, Jakarta Timur, menggelar gema Khotmil Alquran. Di acara itu, ratusan warga mengkhatamkan pembacaan kitab suci Alquran sebagai bentuk kegembiraannya menyambut bulan puasa.

Bertempat di pelataran parkir Yayasan Assalamiah Duren Sawit, di Jalan Madrasah II, RT 010/10, Duren Sawit, ratusan warga ini terlihat sangat khidmat melantunkan ayat suci Alquran. Pasalnya, pembacaan Alquran yang  harus khatam dalam satu malam itu, membuat panitia membagi beberapa kelompok warga.

Ketua Yayasan Assalamiah, Muhammad Sa’i mengatakan, kegiatan yang dilakukan bersama warga merupakan acara yang digelar setiap tahun. Dimana untuk menyambut bulan suci Ramadhan, seluruh warga langsung mengkhatamkan Alquran. “Ini kegiatan yang ke-15 kalinya digelar bersama warga. Jadi ini sudah menjadi tradisi warga sini,” katanya.

Dikatakan Sa’i, melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin mengajak warga untuk terus membaca Alquran selama bulan Ramadhan. Karena pada saat ini, dengan melakukan khatam Alquran sebagai langkah awal untuk mulai membaca. “Biasanya kan kalau sudah mau puasa tawakuban, namun di kampung kami ini sebagai awal untuk terus mengaji,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia gema Khotmil Alquran, Abdul Latif mengatakan, kegiatan yang di gelar pihaknya merupakan yang ke-15 kalinya diselenggarakan.

Kegiatan itu menjadi rutin dilakukan karena hampir sebagian besar warga memintanya. “Kalau nggak dibuat acara ini, warga malah marah-marah. Makanya Alhamdulillah ini sudah masuk tahun ke 15,” ujarnya.

Untuk menyukseskan acara tersebut, kata Latif, seluruh warga memberikan dana swadaya. Sehingga, pihaknya bisa memanggil para penceramah terbaik di Indonesia untuk memberi penyegaran rohani bagi mereka. “Kita pernah undang (alm) KH. Zainudin MZ, H. Rhoma Irama, dan ini yang saat ini kami hadirkan Ust. H. Ahmad Al Habsyi,” ungkap Latif.

Karena antusiasnya warga akan acara itu juga, tambah Latif, pihaknya memasang tikar sepanjang 1 kilometer. Bahkan, sebuah layar raksasa juga disiapkan sesuai permintaan warga.

“Yang datang Alhamdulillah luar biasa, dari luar wilayah Duren Sawit seperti Cakung juga hadir. Mudah-mudahan tahun berikutnya kami tetap bisa menggelar kegiatan ini,” ungkapnya. (Ifand/win)