Tuesday, 23 May 2017

Ancol Bakal Dilengkapi Kereta Api Wisata

Sabtu, 20 Mei 2017 — 7:26 WIB
Ribuan warga ramai memadati pantai Ancol

Ribuan warga ramai memadati pantai Ancol

JAKARTA (Pos Kota) – Menyambut musim liburan, Ancol Taman Impian terus berbenah. Selain membenahi infrastruktur dan sarana, mulai Juni nanti akan ada penambahan fasilitas transportasi kereta wisata bagi pengunjung dalam area Ancol.

Wakil Direktur Rekreasi Ancol Taman Impian, Agus Sudarno mengatakan, sejak April lalu pembenahan terhadap sejumlah infrastruktur terus dikebut. Selain pengecatan, perbaikan infrastruktur seperti pengaspalan jalan, perbaikan toilet dan musholla serta penataan taman, juga disiapkan lahan parkir baru.

“Saat ini lahan parkir baru tengah dikerjakan untuk menyambut liburan yang akan datang,” katanya, Jumat (19/5).

Dijelaskan Agus, untuk memudahkan mobilitas pengunjung di dalam area Ancol, akan ada empat rangkaian kereta. Masing-masing rangkaian terdiri dari enam gerbong dengan rata-rata kecepatan 15 kilometer perjam.

Keempat rangkaian itu akan dioperasikan ke dua jalur yang masing-masing terbentang dari Gerbang Timur sampai Pantai Bende sepanjang 1,6 kilometer dan jalur area Ancol Barat mulai dari Ocean Dream Samudra sampai Dunia Fantasi sepanjang 2,6 kilometer.

Secara teknis, kereta yang dipesan melalui Industri Kereta Api Indonesia (INKA) ini menggunakan bahan baku solar. Dengan rangka baja kereta dikombinasikan bahan fiber, stainless dan besi.

Kereta setinggi 1,6 meter ini juga dilengkapi dengan tirai. Sehingga saat pengunjung menikmati pemandangan seluruh area ancol dapat terlindungi dari kebasahan saat terjadi hujan.

“Kami berkeinginan setiap pengunjung dapat menikmati transportasi massal ini dengan baik dan nyaman. Hal ini kami dedikasikan kepada pengunjung setia Ancol agar dapat menghabiskan liburannya dengan gembira,” tandasnya. (Wandi)