Monday, 19 November 2018

Bangkit, Ayo Bangkit!

Senin, 22 Mei 2017 — 6:10 WIB
kambuh

KEBANGKITAN Nasioanal. Ini bukan sekadar diperingati, tapi harus dihayati, dilaksanakan. Ingat para pejuang, mencetuskan Kebangkitan Nasional ini bukan tanpa sebab. Pada jamannya, organisasi ini adalah wadah untuk mempersatukan bangsa dalam berjuang.

Pada waktu itu, pejuang yang masih berkelompok-kelompok kecil tersebar dimana-mana. Mereka berjuang sendiri-sendiri, itulah yang kemudian muncul ide bersatu. Gerakan ini membuahkan hasil yang sangat luar biasa, menuju kemerdekaan. Dengan persatuan dan kesatuan bangsa, penjajah diganyang dari muka bumi Pertiwi.

Nah, sekarang ini, kita memang sudah terbebas dari penjajah secara pisik. Tapi ingat, ada hal-hal yang secara tidak sadar masih ‘dijajah’ oleh bangsa lain. Apalagi dalam era globalisasi ini, dimana apa saja bisa masuk ke negeri ini. Dari ekonomi, sosial budaya menyerang masuk tanpa batas.

Belum lagi ada gesekan-gesekan yang terjadi di dalam negeri sendiri. Maklum, era demokrasi dan reformasi. Tengok saja, beberapa pekan yang lalu, khususnya di Jakarta, dimana suhu politik memanas dalam pilkada Gubernur. Dan sisa-sisanya masih sangat terasa.

Nah, kayaknya dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional inilah, yang bisa sebagai lem mempererat persatuan. Sudah lupakan yang kemarin, mari bersatu membangun. Kalau ribut terus, rugi. Karena banyak petualang yang memancing di air keruh!

Kita nggak mau diacak-acak lagi oleh orang-orang yang hanya mencari kesempatan demi kepentingan segelintir orang. Masa bodoh dengan orang lain?

Nggak lah, sekarang ini waktunya untuk bangkit, dan bangkit. Menuju kedamaian, ketentraman, hidup sejahtera, adil dan makmur! – massoes