Wednesday, 22 May 2019

Awal Ramadhan Serentak 27 Mei

Rabu, 24 Mei 2017 — 2:45 WIB
Ramadhan

JAKARTA (Pos Kota) – Kepastian awal ibadah puasa yang ditunggu-tunggu umat Islam terjawab sudah. Dipastikan, awal Ramadhan tahun 1438 Hijriah akan jatuh serentak yakni mulai Sabtu, 27 Mei 2017.

“Umat Islam akan melaksanakan awal ibadah puasa Ramadhan tahun ini secara serentak,” kata ‪Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, Selasa (23/5).

LAPAN salah satu lembaga yang setiap tahun digandeng Kementerian Agama (Kemenag) dalam Sidang Isbat untuk mengamati posisi hilal (bulan), baik dalam penentuan awal Ramadhan, Syawal dan penentuan awal Dzulhijjah.

Menurut Thomas, posisi hilal pada saat matahari terbenam pada Jumat, 26 Mei 2017 sudah berada di atas ufuk yakni tiga derajat. “Ketinggian hilal tersebut sudah melewati batas kriteria ketinggian Nahdlatul Ulama (NU) yang di atas dua derajat,” terangnya.

Oleh sebab itu, Thomas memastikan umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan secara serentak pada Sabtu, 27 Mei 2017.

TUNGGU PENGUMUMAN

Namun demikian, ia berharap umat Islam tetap menunggu pengumuman dari Menteri Agama (Menag) tentang awal Ramadhan yang akan diumumkan setelah hasil Sidang Isbat pada 26 Mei 2017.

Thomas juga memastikan sampai 2021, posisi bulan pada saat hari rukyat, umumnya di atas dua derajat, di luar rentang 0-2 derajat. Sehingga ada potensi keseragaman penentuan awal Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah.

Sebelumnya, Menag Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan Kemenag akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan pada Jumat, 26 Mei 2017.

Sidang Isbat akan dihadiri Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, termasuk para duta besar dari negara-negara Islam.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1438 H jatuh pada 27 Mei 2017. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman ormas tersebut. (johara)