Monday, 19 November 2018

Berbeda dengan Sandi, Djarot Larang RPTRA Tempat Pacaran

Rabu, 24 Mei 2017 — 19:32 WIB
Plt Gub Djarot bersama istri pada acara peresmian RPTRA Kemuning di Jaksel. (Joko)

Plt Gub Djarot bersama istri pada acara peresmian RPTRA Kemuning di Jaksel. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengingatkan kawula muda jangan menggunakan RPTRA untuk pacaran. “RPTRA tidak boleh dipakai untuk pacaran. Gak bagus, dilihat anak-anak kecil,” ujarnya saat meresmikan RPTRA Intan di Jl Intan Ujung, Cilandak, Jaksel, Rabu (24/5).

Untuk meminimalisasi penyalahgunaan tersebut, Djarot memerintahkan kepada instansi terkait untuk memberikan lampu penerangan yang terang pada tiap Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

“Tiap RPTRA harus difasilitasi lampu LED yang terang demi keamanan dan kenyamanan. Kalau gelap pasti banyak disalahgunakan anak muda untuk pacaran. Info ini banyak saya terima,” papar Djarot didampingi istri, Happy.

Djarot menyatakan RPTRA Intan dibangun menggunakan dana CSR. “Keberadaan RPTRA ini tentu akan sangat bermanfaat bagi warga sekitar untuk menjalin silaturahmi, meningkatkan aktivitas olahraga, kesenian, pendidikan, kesehatan, dan lainnya,” ujar Djarot pada acara yang dihadiri ratusan pejabat Pemprov DKI dan warga setempat.

Larangan Djarot tersebut seolah ingin menolak keinginan Sandi, Wakil Gubernur DKI terpilih yang akan menjadikan RPTRA untuk bertemunya kalangan jomblo di Jakarta yang pernah diutarakan sebelum pilkada putaran kedua 19 April lalu.

RPTRA yang terletak di Jalan Intan Ujung, Kelurahan Cilandak Barat dibangun oleh High Scope yayasan Sekolah Belajar Aktif Indonesia (SBAI) berdiri di atas lahan dengan luas 1.200 M2. Ketua yayasan Ratna Dewi Antarian menjelaskan fasilitas ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar. Adapun fasilitas yang ada meliputi ruang perpustakaan, ruang PKK Mart, ruang musik, ruang pengelola, ruang konsultasi, toilet, tanaman obat keluarga (Toga), arena bermain anak, lapangan futsal/badminton, dan refleksi.

Usai mendengarkan penjelasan tersebut, Djarot kemudian berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke wilayah Kel. Pejaten Timur, Kec. Pasar Minggu. Di wilayah ini, Djarot juga meresmikan RPTRA Kemuning di Jalan Pejaten. Fasilitas ini juga dibangun menggunakan dana CSR dari Japfa Foundation. (Joko)