Sunday, 18 November 2018

Ramadhan, Baznas Targetkan Pengumpulan Zakat Rp40 M

Kamis, 25 Mei 2017 — 14:44 WIB
Ketua Umum Baznas Bambang Soediby bersama komisioner Baznas lainnya saat mengumumkan status laporan keuangan Baznas yang mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian. (Johara)

Ketua Umum Baznas Bambang Soediby bersama komisioner Baznas lainnya saat mengumumkan status laporan keuangan Baznas yang mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian. (Johara)

JAKARTA (Pos Kota) – Di bulan Ramadhan tahun ini, Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) mentargetkan pengumpulan zakat sebesar Rp40 miliar.

Demikian disampaikan Ketua Umum Baznas Bambang Soedibyo dalam keterangannya saat mengumumkan status Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Tahun 2016 meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di Kantor Baznas, Jakarta, Rabu (24/5) sore. Hasil audit Akuntan Publik  Akuntan Publik Ahmad Raharjo  No. 039/AT/GA-LAI/2017 tertanggal 13 April 2017.

Bambang menjelaskan seperti biasa di Bulan Ramadhan, Baznas akan meneriman zakat Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama para menteri dan para pejabat dari berbagai instansi.

“Tahun lalu dilakukan pengumpulan zakat di Istana Negara, di mana Presiden mengajak para menterinya untuk membayar zakat kepada Baznas. Alhamdulillah saat itu terkumpul zakat sebesar Rp2 miliar,” tutur Bambang.

Secara keseluruhan, kata Bambang Ramadhan tahun Baznas berhasil mengumpulkan dana zakat sebesar Rp35 miliar. Sebab itu, diharapkan Ramadhan tahun ini meningkat menjadi Rp40 miliar.

Terkait pencapai status laporang keuangan Baznas, menurut Bambang akan mendoorng tingkat kepercayaan masyarakat untuk membayar zakat melalui Baznas.

“Predikat WTP ini membuktikan Baznas  adalah institusi pemerintah yang terpercaya dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan,” ujar Bambang yang mantan menteri keuangan.

Ia menambahkan predikat WTP ini adalah hasil pemeriksaan akuntan publik terhadap laporan keuangan yang disusun berdasarkan standar akuntansi dan diaudit menggunakan norma pemeriksaan akuntansi zakat. ‪ (Johara/win)