Saturday, 22 September 2018

Adik Kandung Anies Baswedan Meninggal Karena Sakit

Sabtu, 27 Mei 2017 — 5:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan.  (ikbal)

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan. (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Kabar duka datang dari keluarga Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Sabtu (27/5/2017) dini hari. Kabar duka tersebut menyampaikan, adik kandung Anies, Ridwan Rasyid Baswedan telah tutup usia.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun… Telah Berpulang ke rahmatullah Aktivis Gerakan Reformasi, Ridwan Rasyid Baswedan pada hari Sabtu, 27 Mei 2017 pukul 00.50 di RSCM Jakarta,” kata Juru Bicara Anies, Naufal Firman Yursak, melalui pesan WhatsApp, Sabtu (27/5/2017) dini hari.

Menurutnya, sebelum wafat, almarhum Ridwan sempat menjalani perawatan sejak 25 Februari 2017 karena serangan jantung dan berkelanjutan dengan komplikasi. “Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya dan mohon doanya untuk Almarhum Ridwan,” sambung Naufal.

Rencananya, jenazah disemayamkan di rumah duka, di Jalan Gunuk Raya No 16A, Poltangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selanjutnya, prosesi pemakaman dilangsungkan mulai pukul 10:30 hari ini, diawali pemberangkatan dari rumah duka menuji Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel.

Kemudian, pukul 12:00 WIB, jenazah akan disalatkan di Masjid Agung Al-Azhar sesudah shalat zuhur. Lalu pukul 12.30 WIB diberangkatkan dari Masjid Al-Azhar menuju pemakaman TPU Tanah Kusir.

Sebelumnya, kabar tentang kritisnya kondisi Ridwan sempat disampaikan oleh mantan Menteri Keuangan, Fuad Bawazier, selaku Wakil Ketua DKM Masjid Sunda Kelapa, Jumat (26/5/2017) malam. Fuad menyampaikannya ketika memberitahukan alasan Anies batal datang melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid itu.

“Pak Anies Baswedan yang sedianya mengisi tausiah menyampaikan permohonan maaf tidak jadi datang, karena adik beliau sedang dirawat dan kondisinya kritis. Dan beliau mohon didoakan untuk kesembuhan adiknya,” katanya, saat membuka kegiatan salat tarawih berjamaah, di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakpus.
*Riwayat Singkat Alm Ridwan Baswedan*

Ridwan Rasyid Baswedan, SE, MBA lahir pada 11 Juli 1973 di Yogayakarta, putra ketiga dari Alm. Drs A. Rasyid Baswedan SU dan Prof Dr Aliyah Alganis. Almarhum Ridwan menikah dengan Saviena Baraba ST dan tinggal di Jakarta. Almarhum bekerja sebagai direktur di perusahaan teknologi.

Sejak muda Ridwan adalah seorang yang sangat aktif di lingkungannya; ketika SMA menjadi Ketua OSIS SMA 2 Yogyakarta, saat kelas 2 SMA dia terpilih menjadi siswa pertukaran pelajar SMA (AFS) ke Selandia Baru tahun 1991-1992. Saat mahasiswa dia menjadi Ketua Dewan Mahasiswa UII Yogyakarta 1996-1998 dan Ridwan merupakan tokoh mahasiswa yang memperjuangkan reformasi 1998. Menyelesaikan S1 bidang Ekonomi di Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta dan mendapatkan MBA dari Leiden University, Belanda.

Alm Ridwan adalah adik kandung Anies Baswedan, dan yang mendampingi serta mengatur kegiatan sepanjang perjalanan kampanye. Almarhum merasa sakit pada 25 Februari 2017 saat dalam perjalanan menuju kegiatan sosialisasi mendampingi Anies Baswedan. (julian)