Monday, 11 December 2017

Bibit Lobster Senilai Rp9 Miliar Gagal Diselundupkan ke Jakarta

Minggu, 28 Mei 2017 — 22:44 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

LAMPUNG (Pos Kota) – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni bersama Balai Karantina Ikan Kelas I Bandarlampung Wilayah Kerja (Wilker) Bakauheni, mengagalkan penyelundupan 60 ribu ekor bibit lobster laut asal Jakarta. Bibit senilai Rp9 miliar itu diamankan di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni, pada Minggu (28/5/2017).

“Bibit lobster laut asal Jakarta yang diamankan, sebanyak 60 ribu ekor atau 13 koli. Jika dirupiahkan, nilainya mencapai Rp 9 miliar,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, AKP Enrico Donald Sidauruk.

Ribuan ekor bibit lobster tersebut, diangkut dengan kendaraan Minibus Isuzu Elf dan rencananya akan dikirimkan ke Jambi. Sopir mobil yang mengangkut bibit lobster, awalnya mengaku barang yang diiangkutnya berupa pakaian.

“Karena curiga dengan isi muatannya, petugas memeriksanya. Ternyata benar, setelah diperiksa isi muatan didalamnya berisi ribuan ekor bibit lobster laut,” terangnya.

Pengiriman ribuan bibit lobster laut tersebut, tidak dilengkapi dokumen resmi. “Dugaannya, ribuan ekor bibit lobster yang disita akan diselundupkan ke luar negeri,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk asal bibit lobster masih ditelusuri, karena untuk wilayah Jakarta sudah sangat jarang. Pihaknya menduga, ribuan bibit lobster yang diamankan berasal dari Indonesia bagian timur.

“Barang bukti tersebut, sudah kami serahkan ke pihak Balai Karantina Ikan Kelas I Bandarlampung wilayah kerja Bakauheni guna pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya. (koesma/yp)