Monday, 11 December 2017

Ernesto Valverde jadi Pelatih Barcelona

Selasa, 30 Mei 2017 — 5:37 WIB
Ernesto Valverde (reuters)

Ernesto Valverde (reuters)

SPANYOL- Seperti semula diduga akhirnya Ernesto Valverde resmi jadi pelatih Barcelona menggantikan Luis Enrique. Pengumuman mantan pelatih Atletico Bilbao itu, Selasa dinihari WIB, bersamaan dengan pengumuman jersy baru Blaugrana musim depan.

Velverde yang kini berusia 53 tahun memang tidak asing bagi Barcelona. Sebab ketika jadi pemain sepak bola profesional dia juga pernah membela tim Catalan tersebut. Pria Spanyol ini diharapkan mampu menyatukan pemain senior dengan pemain muda Barca terutama lulusan akademinya.

Meski demikian tentu tuntutan yang akan dihadapi oleh Velverde akan lebih berat itu yaitu tradisi juara dan akan diminta lebih baik dari Enriqu. Terlebih musim ini Barca hanya meraih satu trofi yaitu Copa del Rey.

Pengumuman juga dilakukan bertepatan dengan kontrak baru kepada penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen.

Valverde akan secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai pelatih baru Barcelona dengan didampingi Jon Aspiazu sebagai asisten serta Jose Antonio Pozanco sebagai pelatih kebugaran.

“Saya sudah berbicara secara pribadi dengan Valverde hari ini dan dia merasa bersemangat menyambut tantangan melatih Barcelona,” ujar presiden Josep Maria Bartomeu seperti dilansir laman resmi klub.

“Valverde memiliki kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman. Dia mempromosikan pemain dari tim junior dan dia memiliki cara melatih serta bekerja seperti kami.”

“Filosofi sepakbolanya sangat Barca dan dia seorang pekerja keras. Dia juga seorang yang sangat bersemangat dalam mengaplikasikan teknologi baik dalam latihan maupun pertandingan.”
Valverde pernah berstatus sebagai pemain Barcelona pada periode 1988 hingga 1990. Saat itu, sebagai bagian dari skuat Johan Cruyff, Valverde bermain 29 kali serta mengemas sepuluh gol. Dia juga berhasil mengoleksi gelar juara Piala Winners dan Copa Del Rey.

Sebelum menangani Barcelona, Valverde memenangi total enam trofi bersama Olympiakos dan Athletic Bilbao. (B)