Sunday, 15 September 2019

Janjian Tawuran, 8 Remaja Sembunyikan Senjata Tajam

Selasa, 30 Mei 2017 — 15:57 WIB
tawuran

BEKASI (Pos Kota) – Janjian tawuran, delapan remaja diamankan polisi di Kampung Utan, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Mereka bersiap dengan menyembunyikan sembilan bilah senjata tajam berbagai jenis.

Kompol Bayu Pratama Gununagi, Kapolsek Bekasi Selatan, mengatakan mereka diamankan berkat informasi warga. Masyarakat resah dengan sekelompok remaja usia antara 15 tahun hingga 18 tahun yang berkumpul tanpa tujuan jelas.

“Dibantu warga setempat, anggota yang ada di lapangan langsung mengamankan mereka ke Mapolsek Bekasi Selatan,” ujar Bayu, Selasa (30/5/2017).

Kepada polisi, mereka mengaku hendak berjaga dari kelompok lain yang ingin menyerangnya. Karena itu, senjata tajam seperti golok, cocor bebek dan pedang disembunyikan di dekat lokasi kejadian. “Dari hasil interogasi kami semalam, dari delapan remaja, baru satu di antaranya yang mengaku memiliki senjata tajam sehingga kita lakukan proses lanjutan,” kata Bayu.

Bayu mengungkapkan, salah satu remaja yang memiliki senjata mengaku menyimpan senjata tajam untuk melindungi diri. Sebab belakangan terakhir, banyak ancaman geng motor dan tawuran di sejumlah daerah.

“Pengakuannya senjata ini tidak akan digunakan kalau tidak kepepet ada serangan. Tapi tetap saja menyalahi aturan karena bisa membahayakan keselamatan orang lain bila digunakan,” ungkapnya.

Menurutnya, bagi remaja yang terbukti tidak memiliki senjata tajam akan diberikan pembinaan dan dijemput oleh orangtuanya. Mereka juga diminta membuat surat penyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Bagi yang membawa senjata bisa dikenakan UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dan senjata tajam tanpa izin dengan hukuman penjara selama 12 tahun. (saban/yp)