Monday, 19 November 2018

Puasa Tapi Tidak Salat?

Rabu, 31 Mei 2017 — 14:05 WIB
Umat Islam di Pakistan sedang menjalankan salat berjamaah (reuters)

Umat Islam di Pakistan sedang menjalankan salat berjamaah (reuters)

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarkatuh.

BEGITU banyak manfaat ibadah puasa. Ulama, kiai dan tuan guru, telah banyak mengulaskan makna puasa secara panjang lebar. Intinya adalah bermanfaat buat kesehatan dan terbentuknya keseimbangan antara rohani dan jasmani.

Karena itu, ibadah puasa hendaknya jangan dipisahkan dengan perintah yang lain, seperti perintah salat wajib maupun sunnah, sedekah, infaq maupun zakat serta haji. Apalagi salat adalah ibadah pembeda antara seorang muslim dengan dengan umat agama lain.

Jabir RA meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: “(Batas) antara seseorang dengan kekafiran adalah meninggalkan salat.” (HR Muslim, Abu Daud, At-Thirmizi dan Ibnu Majah).

Sebagai mana diketahui bahwa salat adalah tiang agama. Bila tidak ada tiang, bagai mana mungkin suatu bangunan akan dapat berdiri? Mana mungkin ada atap tanpa tiang? Atau ada dinding tanpa tiang. Supaya tidak sia-sia, alangkah indahnya bila ibadah salat dan puasa dapat ditunaikan dengan sempurna dengan penuh keimanan dan keikhlasan.

Atau,  salat hanya  pada bulan puasa doang, sementara di bulan lainnya, tidak. Hendaknya nilai-nilai pendidikan dan pelatihan selama bulan Ramadhan ini mampu membentuk perilaku dan rohani kita kepada arah yang lebih baik, yakni tercapainya target, muttaqin.

Salat itu jelas sangat penting. Bukankah ibadah puasa diawali dengan Salat sunnah Terawih pada malam pertama? Kenapa tidak langsung puasa pada siang harinya saja?. Ini membuktikan bahwa ada korelasi antara puasa dengan ibadah salat, tidak bisa dipisahkan. Moga hal ini menjadi pemikiran demi meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Saudaraku…

Salat makin kuat bila ibadah puasa juga kuat. Dengan demikian, pondasi keimanan kian kokoh dan terimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena itu, marilah berpuasa Ramadhan dengan mengharap ridho Allah SWT, tapi hendaknya jangan sampai meninggalkan ibadah salat wajib. Yuk, mari kita mulai dari diri kita masing-masing. Insya Allah…

Wassalam

syamsir.bastian02@gmail.com
syamsir_bastian@yahoo.com
syamsir.munthe@gmail.com