Thursday, 20 September 2018

Dokter: Puasa Ramadhan Ajarkan Umat Islam Lebih Sabar

Kamis, 1 Juni 2017 — 17:23 WIB
Direktur Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang Dr.Harijanto Solaeman saat membagikan paket kurma kepada pasien. (ist)

Direktur Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang Dr.Harijanto Solaeman saat membagikan paket kurma kepada pasien. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Puasa Ramadhan merupakan bentuk ibadah yang dapat membantu manusia menjadi lebih bersabar, sederhana, dan meningkatkan nilai spiritual. Karena selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengajarkan umat Islam untuk bersabar, menahan diri dan meningkatkan hubungannya dengan Sang Pencipta.

“Puasa memberikan banyak manfaat, tentu bagi umat yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan benar,” kata Direktur Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang Dr.Harijanto Solaeman MM di sela pembagian paket kurma bagi pasien.   Paket kurma menjadi program rutin seluruh Rumah Sakit Siloam setiap tiba bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Karena itu meski tengah berada di lingkungan rumah sakit, entah karena sakit atau karena menunggu pasien, banyak umat muslim yang berupaya tetap menjalankan ibadah puasa.

Meski ibadah puasa Ramadhan bisa diganti dengan hari lain bagi mereka yang berhalangan sakit. “Suasananya akan berbeda jika seseorang puasa bersama-sama dengan puasa sendiri,” tambahnya.

Untuk mendukung umat muslim menjalankan puasanya dengan baik, pihaknya membagikan paket kurma gratis bagi pasien dan keluarganya. Paket kurma ini diberikan dua kali yakni awal puasa Ramadhan dan hari kedua Idul Fitri.

“Kurma makanan favorit umat Islam saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, karena itu kami berupaya menyediakan untuk kepentingan pasien,” tutupnya. (faisal/win)