Wednesday, 14 November 2018

Minyak Goreng Curah Dijadikan Minyak Goreng Kemasan Sebulan Omsetnya Rp 2 Miliar

Jumat, 2 Juni 2017 — 0:34 WIB
Minyak curah yang dijadikan minya kemasan

Minyak curah yang dijadikan minya kemasan

LAMPUNG (Pos Kota) – Ditreskrimsus Polda Lampung mengungkap operasional pabrik ilegal milik PT Asia Menara Perkasa (AMP) yang memproduksi minyak goreng kemasan dengan menyamar sebagai industri rumah tangga yang beromset Rp.2 miliar perbulannya yang sudah 2 tahun beroperasi.

“Awalnya berkat informasi dari masyarakat tentang usaha pengolahan minyak goreng. Mulai dengan mengecek ijin usaha tertera Industri Rumah Tangga. Ketika dicek langsung di lapangan ternyata industri yang cukup besar dengan perlengkapan dan tenaga kerja banyak, ” kata Wadirreskrimsus AKBP M Anwar di lokasi pabrik di Jalan Teluk Ampai Teluk Betung Timur Bandar Lampung, Kamis 1 Juni 2017.

Hasil penyelidikan lainnya adalah untuk ijin produksi mengatasnamakan badan usaha PT Asia Menara Perkasa tetapi ijin edarnya menggunakan nama badan usaha PT Asia Maju. Label SNI pada kemasan tidak ada. Kemudian label Halal sudah habis masa berlakunya dan itupun atas nama PT Asia Maju.

Hasil pemeriksaan sementara, pabrik tersebut sudah berproduksi sekitar dua tahun. Bahan baku diperoleh dari pabrik minyak kelapa sawit dalam bentuk minyak curah. Lalu dikemas ulang dalam kemasan merk Candi Mas dan CS 900. Selanjutnya dipasarkan sendiri di seputaran Kotamadya Metro.

Pabrik tersebut sanggup menghasilkan 2.500 dus isi 12 kemasan minyak goreng ukuran 900 ml setiap harinya. Sistem kerja dua shift dilakukan 25 pekerja dari pukul 08.00 – 24.00 WIB setiap hari.

“Masih didalami kemungkinan untuk dioplos . Termasuk kerugian negara dari pajak usaha atau pajak lainnya. Bicara omset, cukup besar karena mencapai Rp2 miliar per bulan, ” lanjut Anwar tentang aktivitas pabrik yang letaknya cukup terpelosok itu.

Sebagai barang bukti, disita produk minyak goreng merk Candi Mas sebanyak 11.400 kemasan. Kemudian produk minyak goreng merk CS 900 sebanyak 4.980 kemasan. Terakhir, 11.390 kemasan plastik kosong merk Candi Mas dan CS 900 dan sepuluh ribu kotak kardus kedua merk tersebut. (Koesma)