Saturday, 25 November 2017

Di Depok Ada 500 Ton Sampah Perhari Tidak Bisa Tampung

Sabtu, 3 Juni 2017 — 6:18 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris mengajak masyarakat Depok untuk memilah sampah buangan karena jumlah sampah buangan setiap hari mencapai 1.200 ton. (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris mengajak masyarakat Depok untuk memilah sampah buangan karena jumlah sampah buangan setiap hari mencapai 1.200 ton. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Jumlah sampah buangan warga di Kota Depok hampir setiap hari terus meningkat bahkan mencapai sekitar 1.200 ton sehari. Padahal dan yang dapat diangkut serta dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok hanya sekitar 700 ton.

“Saya mengajak dan berharap seluruh masyarakat di Kota Depok khususnya masyarakat di Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung untuk ikut membantu program Pemkot Depok sebagai zero west city dengan cara melakukan pemilahan sampah buangan sebelum dibuang ke TPA atau TPSS,” kata Walikota Depok Muhammad Idris saat buka puasa dan taraweh keliling di Masjid Al Ikhsan, Pondok Jaya, Cipayung, Jumat (2/6).

Peran masyarakat membantu program Pemerintah Kota Depok tentunya sangat penting untuk mengantisipasi pertambahan jumlah sampah buangan di TPA Cipayung.

“Dari sampah yang tersisa sekitar 500 ton itu ternyata ada sekitar 400 ton dapat diselesaikan masyarakat dengan cara pemilahan sampah serta ditangani Unit Pengolahan Sampah (UPS) yang ada,”katanya.

Semakin bertambahnya jumlah penduduk tentunya membawa dampak penambahan jumlah sampah buangan sedangkan lokasi TPA Cipayung sudah diambang batas penampungannya sehingga Pemkot Depok terus berupaya berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor untuk menuntaskan permasalahan sampah buangan di TPA Nambo, Kab. Bogor. (anton)