Saturday, 18 August 2018

Masak Iya Tokoh Reformasi ‘Transferan’ Duit Korupsi?

Sabtu, 3 Juni 2017 — 7:05 WIB
amien-sutris

TOKOH reformasi sekaliber Amien Rais, masa iya terima transferan duit korupsi? Tapi begitulah kisah tuntutan jaksa KPK dalam kasus korupsi dana Alkes yang melibatkan mantan Menkes Siti Fadilah Supari. Nama Amien Rais disebut sebagai menerima dari terdakwa sebanyak Rp600 juta, sementara mantan Ketua PAN Sutrisno Bachir juga kecipratan Rp250 juta.

Apa hubungannya Amien Rais-Sutrisno Bachir kok sampai dikirimi duit oleh mantan Menkes Siti Fadilah? Royal dan nyah-nyoh amat Bu Menteri ini. Apakah Bu Menteri ini dari parpol yang sama, jelas bukan. Beliau jadi menteri SBY karena keahliannya (profesional). Atau karena sama-sama wong Solo, karena Siti Fadilah dan Amien Rais memang dari Surakarta Adiningrat.

Amien Rais sendiri mengakui bahwa dana yang diterima tahun 2007 itu murni dari Sutrisno Bachir. Alasannya untuk kegiatan operasional. “Kok baik amat Anda sama saya?” tanya Amien. Jawab Ketum PAN tersebut, itu sekedar amanat ibunya. Maka Amien Rais pun tak curiga, karena mereka telah berteman lama sebelum reformasi.

Tahu-tahu 10 tahun kemudian jadi masalah. Jika benar apa yang tertera dalam tuntutan jaksa, dan benar pula kata Sutrisno Bachir, berarti kiriman duit korupsi dari Fadilah sebanyak Rp250 itu ditambahi lagi Rp350 juta dan dikirimkan kepada Amien Rais. Sayangnya, kala itu Amien Rais tak bertanya dari mana sumber duit itu. Tapi orang cap apapun, rasanya takkan tega bertanya pada pemberi, “Apakah ini duit dari korupsi ya?”

Mana yang benar, hal ini menjadi teka-teki publik. Bila benar Amien Rais terima duit haram, sama saja pembunuhan karakter telah terjadi. Sebaiknya ingat saja kata para leluhur, becik ketitik ala ketara. – gunarso ts