Sunday, 15 September 2019

Renggut Korban Jiwa

Lagi, Serangan Mobil di London Bridge, Pejalan Kaki Ditabrak

Minggu, 4 Juni 2017 — 10:35 WIB
Suasana London Bridge pasca serangan. (reuters)

Suasana London Bridge pasca serangan. (reuters)

LONDON – Terjadi lagi serangan mobil di London, Inggris. Satu mobil van diarahkan menabrak kerumunan pejalan kaki di London Bridge yang menyebabkan puluhan korban.

Dilaporkan, layanan ambulan London mengatakan mereka membawa setidaknya 20 orang ke rumah sakit dan mengobati sisanya di lokasi, setelah terjadi serangan di area jembatan London, Sabtu (3/6/2017) malam waktu setempat.

“Kami membawa setidaknya 20 pasien ke enam rumah sakit London setelah insiden Jembatan London,” kata asisten direktur operasi London Ambulance Service Peter Rhodes dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

London Bridge 1

“Kami juga telah mengobati sejumlah orang di lokasi kejadian yang mengalami cedera ringan.”

Penyerang yang mengendarai mobil van dengan kecepatan tinggi menabrak pejalan kaki di Jembatan London sebelum menikam orang-orang dekat area bar dan restoran Borough Market, Sabtu.

Otoritas Inggris menggambarkan kejadian itu sebagai insiden teror.

Apa yang terjadi?
Pada hari Sabtu (3/6) pukul 22:08 (Minggu 04:08) polisi bersenjata dan ambulans dikerahkan terkait laporan serangan sebuah van putih yang menabrak sejumlah orang di London Bridge
Kawasan itu dan berbagai stasiun kereta sekitarnya ditutup. Laporan saksi mengatakan van itu dikendarai masuk trotoar jembatan.

Wartawan BBC Holly Jones yang berada di jembatan saat itu, mengatakan: “Seorang pengendara van putih melajukan kendaraannya dengan cepat – mungkin sekitar 80 km per jam- membelok dari jalan ke kerumunan orang yang berjalan di sepanjang trotoar.

“Dia berbelok ke kanan saya dan kemudian menghantam sekitar lima atau enam orang.”
Tembakan dilepaskan di sekitar Borough Market di selatan jembatan.

Polisi mengatakan ‘lebih dari satu’ orang tewas terbunuh di London Bridge.

Polisi Transportasi Inggris mengkonfirmasi pada pukul 23:15 (05:15 WIB) bahwa ‘jatuh sejumlah korban jiwa’ dan mengatakan terjadi sebuah ‘insiden yang mungkin melibatkan sebuah van dan serangan pisau.’

Polisi Metropolitan mengukuhkan bahwa mereka melepaskan tembakan di sekitar Borough Market lokasi yang dilaporkan terjadi serangan penikaman.

Polisi kemudian memastikan bahwa mereka memperlakukan ini sebagai ‘peristiwa terorisme.’

Orang-orang yang digambarkan ‘berjalan dalam keadaan terluka’ dipindahkan ke Hotel Andaz di Liverpool Street, yang dijaga banyak polisi bersenjata.
Di dekat Guy’s Hospital dilakukan penutupan kawasan sebagai tindakan pencegahan untuk menjaga keamanan staf dan pasien, seperti juga St Thomas ‘dan Rumah Sakit Anak-anak Evelina yang berjarak 1,6 km.

Polisi melakukan pengerahan ketiga ke daerah Vauxhall. Petugas kemudian mengatakan bahwa peristiwa yang ini adalah insiden penusukan yang tak terkait dengan operasi di London Bridge and Borough Market.

Apa yang sedang terjadi sekarang?
Orang-orang terluka yang dirawat di London Bridge dipindahkan dari tempat kejadian. Polisi bersenjata juga ditempatkan di Pasar Borough, yang berada di sisi selatan Jembatan London. Polisi London membenarkan bahwa mereka melepaskan tembakan.
Area di sekitar jembatan telah ditutup. Stasiun London Bridge dan Borough telah ditutup dan kereta yang melewatinya diarahkan untuk terus melaju dan tidak berhenti di sana.

Jaringan kereta Network Rail juga mengatakan stasiun Waterloo East, Charing Cross dan Cannon Street ditutup.
Polisi mengamankan berbagai bar
Perahu-perahu polisi juga dikerahkan di Sungai Thames untuk melakukan pencarian terhadap mereka yang mungkin terjatuh dari jembatan.
Perdana Menteri Theresa May dan Walikota London Sadiq Khan terus ‘dikabari secara teratur’ mengenai perkembangan kejadian ini.
Perdana menteri akan memimpin sebuah pertemuan komite darurat Cobra hari Minggu (4/6) ini, yang akan dihadiri walikota London, Sadiq Khan.
Pemimpin buruh Jeremy Corbyn menyebut serangan tersebut ‘brutal dan mengguncangkan.’
Polisi telah menyisir dan mengamankan bar dan restoran di sekitar Borough Market, daerah yang biasanya sangat ramai, terutama pada Sabtu malam.
Orang-orang terlihat menempatkan tangan di atas kepala saat mereka diarahkan menjauh dari daerah tersebut.

(bbc/sir)