Tuesday, 14 August 2018

Dirjen Perhubungan Udara Usut Penumpang Gelap Masuk Pesawat Lion Air

Selasa, 6 Juni 2017 — 21:47 WIB
Bandara Kualanamu Sumatera Utara

Bandara Kualanamu Sumatera Utara

JAKARTA (Pos Kota)- Masuknya pria penumpang tanpa tiket hingga ke kabin pesawat Lion Air JT 387 tanpa dilengkapi boarding pass diusut oleh Kementerian Perhubungan.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Selasa (6/6/2017) telah menurunkan tim dari Direktorat Keamanan Penerbangan ke Bandara Kualanamu, Deli Serdang untuk mengusut peristiwa masuknya orang tidak dikenal (non penumpang) ke dalam pesawat Lion Air.

Tim yang terdiri dari inspektur keamanan penerbangan tersebut akan melakukan investigasi kepada operator bandar udara dan maskapai penerbangan serta pelakunya.
(BACA : Penumpang Gelap Masuk Pesawat, Itu Persoalan Serius)

“Kami mengirimkan tim Inspektur Direktorat keamanan penerbangan untuk melihat titik lemah keamanan dan bagaimana oknum tersebut bisa masuk terminal bandara dan pesawat,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso.

Dirjen menyayangkan peristiwa masuknya orang non penumpang tersebut ke dalam pesawat mengingat pengamanan di bandara harus ketat sebab keamanan penerbangan berpengaruh pada keselamatan penerbangan dan kenyamanan penumpang.

Agus tidak akan segan memberikan sanksi kepada personil di lapangan jika hasil investigasi terbukti melakukan kesalahan. Baik itu dari pihak pengelola bandara maupun maskapai penerbangan. (dwi)