Saturday, 20 January 2018

Kapolda Metro Minta Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Selasa, 6 Juni 2017 — 15:54 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan. (yendhi)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan. (yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan berharap pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab pulang ke Indonesia untuk mempertanggungjawabkan kasus hukum yang menjeratnya.

“Apasih yang akan diperdebatkan kan gampang pulang hadapi selesai itu saja kan menurut saya itu yang terbaik,” kata Iriawan di chek point Bekasi Square, Selasa, (6/6/2017).

Ia pun menghimbau untuk tidak melakukan pengerahan massa saat tiba di bandara. Karena meski mengerahkan massa sebanyak apapun proses hukum akan tetap berjalan. Iriawan juga menyebut belum ada rencana untuk melakukan penjemputan paksa terhadap Habib Rizieq saat tiba di bandara. “Kita yakin beliau warga negara yang baik,” ujar kapolda.

“Nanti salah benarnya bukan urusan Polisi, Polisi hanya menyiapkan bukti-bukti kalau sudah lengkap serahkan ke Kejaksaan JPU meneliti, kalau lengkap tidak masalah. Kalau p21 diuji di persidangan begitu apakah pengacaranya, saksinya, beliaunya,” tandas Iriawan.

Seperti diketahui, setelah melalui tahap gelar perkara Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Senin, (29/5/2017), menetapkan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam kasus dugaan percakapan (chat) mesum. Penetapan tersangka setelah menemukan unsur pidana dengan alat bukti cukup.

Habib Rizieq dituduh melanggar Pasal 4 ayat 1 juncto pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto pasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 35 Undang-undang nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Dalam perjalanan kasus ini, Polisi lebih dulu menetapkan Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana Firza Husein sebagai tersangka pada Selasa, (26/5/2017).

(yendhi/sir)