Tuesday, 25 September 2018

Polisi Ungkap Identitas Dua Pelaku Teror London Bridge

Selasa, 6 Juni 2017 — 10:57 WIB
Dua terduga pelaku teror London Bridge, Inggris yang menewaskan tujuh orang. (ist)

Dua terduga pelaku teror London Bridge, Inggris yang menewaskan tujuh orang. (ist)

INGGRIS – Kepolisian Inggris akhirnya mengungkap identitas dua pelaku dari tiga teror di London Bridge, Inggris, Sabtu lalu. Dalam kejadian tersebut, pelaku menabrakkan sebuah mobil van ke arah pejalan kaki, kemudian dengan menikam secara acak warga di sekitar Borough Market.

(Baca : Lagi, Serangan Mobil di London Bridge, Pejalan Kaki Ditabrak )

Dilansir BBC, Selasa (6/6/2017), pelaku pertama diidentifikasi sebagai Khuram Butt, pria 27 tahun kelahiran Pakistan. Ia merupakan penduduk Barking, London, dan bukan orang baru bagi polisi dan badan intelijen MI5. Dan pelaku kedua adalah Rachid Redouane (30) atau yang juga menggunakan nama Rachid Elkhdar, disebut polisi sebagai keturunan Maroko-Libya.

Kedua pelaku tewas ditembak polisi saat melakukan serangan di London Bridge. Selain Butt dan Redouane, polisi juga sempat mengamankan 12 orang lainnya, yang kemudian dibebaskan tanpa dikenai sangkaan.

(Baca : 12 Ditangkap Terkait Serangan London Bridge )

Meski berhasil mengidentifikasi pelaku, namun Asisten Komisioner Kepolisian Metropolitan London, Mark Rowley, menegaskan penyelidikan masih jauh dari selesai. “Penyelidikan masih dilakukan untuk mengonfirmasi identitas kaki tangan mereka,” jelasnya. “Kami terus menyelidiki, untuk memahami lebih dalam tentang mereka, koneksi para pelaku, juga apakah mereka dibantu atau didukung pihak lain.”

Pihak NHS England mengatakan, saat ini 36 korban luka teror London masih menjalani perawatan di rumah sakit, 18 di antaranya dalam kondisi kritis. (embun)