Saturday, 24 August 2019

Kapolri Prediksi Puncak Arus Mudik 23 Juni

Rabu, 7 Juni 2017 — 20:25 WIB
Kapolri Jenderal Karnavian. (yendhi)

Kapolri Jenderal Karnavian. (yendhi)

SEMARANG ( Pos Kota ) – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau kesiapan arus mudik lebaran 2017 di wilayah Jawa-Tengah , Rabu (7/6) . Jenderal bintang empat tersebut memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini 23 Juni 2017.

Kapolri mengimbau agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor, mereka diminta ikut bergabung dengan angkutan gratis yang banyak disiapkan sejumlah pihak . Hingga saat ini banyak pemerintah daerah maupun perusahaan menyediakan program mudik gratis. Melalui program tersebut, lanjut dia, diharapkan pemudik yang menggunakan sepeda motor akan semakin berkurang.

Selain itu , Kapolri juga berharap pemudik bisa lebih awal pulang ke kampung halaman . Harapan itu dimaksud untuk mengantisipasi menumpuknya kendaraan pada “H-1″ Lebaran .”Ya , mudik lebih awal akan lebih baik ,” ujar Jenderal Tito saat tiba di Bandara AHmad Yani Semarang , Rabu(7/6) .

Ia meminta pemudik mengupayakan mudik pada 3 hingga 4 hari sebelum Lebaran. Meski demikian, menurut dia, kepadatan arus lalu lintas akan sedikit terkurangi mengingat libur sekolah sudah dimulai pada 19 Juni 2017.

Sementara untuk arus balik, lanjut dia, puncaknya diperkirakan terjadi pada 1 hingga 2 Juli 2017.

Tito Karnavian beserta rombongan berangkat dari Lanud Ahmad Yani Semarang menuju Brebes untuk meninjau kesiapan jalur mudik di wilayah Jawa Tengah menggunakan Helikopter P-3103.

Selama pantauan Kapolri didampingi oleh Kapolda Jateng Irjen pol Condro Kirono, Dirjen Perhubungan darat Kemenhub Puji Hartanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, dan Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik. ( Suatmadji ) .