Thursday, 17 August 2017

Meski Bulan Puasa, Warga Diminta Tetap Donor Darah

Kamis, 8 Juni 2017 — 8:08 WIB
Ketua PMI Jakarta foto bersama dengan Walikota Jakut, Kapolres Jakut, Ketua PMI Jaku dan sejumlah pengutus lainnya. (wandi)

Ketua PMI Jakarta foto bersama dengan Walikota Jakut, Kapolres Jakut, Ketua PMI Jaku dan sejumlah pengutus lainnya. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Meski menjalankan ibadah puasa donor darah di Bulan Ramadan bagi umat Islam, tidak membatalkan puasa. Bahkan dengan berdonor itu justru bernilai ibadah karena memberi pertolongan bagi yang membutuhkan darah.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua PMI DKI Jakarta Muhammad Ali Reza, saat buka puasa bersama di kantor PMI Jakarta Utara, Jalan Plumpang Semper, Koja, Jakarta Utara. Menurutnya mengutip Fatwa MUI DKI Jakarta 24 Juli tahun 2000 menyebutkan kalau bagi warga yang menjalankan ibadah puasa tidak batal donor darah.

“Dalam Fatwanya, menyebutkan bahwa pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibadah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang bersangkutan,”kata Muhammad Ali Reza.

Maka dari itu dirinya mengajak warga untuk mendonorkan darah untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Termasuk di bulan suci Ramadan ini, juga perlu dilakukan dengan tujuan agat kebutuhan stok darah tetap bisa dipenuhi dan masyarakat yang membutuhkan terpenuhi.

Ditambahkan oleh Muhammad Ali Reza, ditinjau dari sudut fadilah atau keutamaan, memberikan sumbangan darah oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa sangatlah bagus. Sebab dengan membantu orang yang membutuh adalah suatu amal shaleh dan pahalanya lebih besar dibanding dengan amal shaleh yang dilakukan di luar bulan puasa.

Ketua PMI DKI Jakarta juga menambahkan, dalam menyambut lebaran ini PMI akan menggelar layanan kesehatan di berbagai titik. Seperti di terminal, rest area, tempat-tempat rekreasi dan titik-titik berkumpul pemudik.

Ini dilakukan tujuannya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain itu dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan benar-bener merasakan manfaatnya.

Pada acara Buka Puasa Bersama dihadiri oleh Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman, Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jakarta Utara. Hadir juga para pengurus PMI dari lima wilayah kota dan kabupaten di DKI Jakarta dan para warga masyarakat. Acara diisi dengan pemberian santunan kepada 250 anak yatim dan duafa.

(wandi/sir)