Tuesday, 25 September 2018

Survei SMRC Sebut Jokowi Kalahkan Prabowo Lagi

Kamis, 8 Juni 2017 — 22:43 WIB
Jokowi dan Prabowo  (dok)

Jokowi dan Prabowo (dok)

JAKARTA (poskotanews.com) – Pilkada DKI Jakarta tidak berdampak signifikan pada politik nasional. Berdasarkan penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Joko Widodo di urutan teratas untuk popularitas dan Pemilu 2019, jika berhadapan dengan Prabowo Subianto.

Peneliti SMRC Djayadi Hanan mengatakan bila pemilihan presiden dilakukan ketika survei dilakukan, Jokowi unggul 34.1 persen sedangkan Prabowo memperoleh dukungan dari spontan 17.2 persen.

“Perbedaan elektabilitas antara Jokowi dan Prabowo sekarang mirip dengan perbedaan elektabilitas SBY dan Megawati pada 2007,” ujar peneliti SMRC, Djayadi, Kamis (8/6).

Pada jarak waktu yang sama, dua tahun menjelang Pilpres 2009, perbedaan elektabilitas keduanya sebesar 16 persen. Angka ini hampir sama dengan selisih jarak hasil survey antara Jokowi dan Prabowo yang hanya selisih 17 persen. “Dari sisi pemilihan Presiden, relatif tidak mengalami perubahan pasca Pilkada DKI Jakarta,” katanya.

Peta dukungan pada partai politik sebelum dan sesudah tidak mengalami banyak perubahan, PDIP masih teratas (21.7 persen), disusul Gerindra (9.3 persen).(us)