Wednesday, 19 September 2018

Lebaran, 21 Kapal Disiapkan, Tiga di Antaranya Untuk Mudik Gratis

Sabtu, 10 Juni 2017 — 10:28 WIB
kapal

JAKARTA (Pos Kota) – Pelabuhan Tanjung Priok menyiiapkan 21 kapal untuk mengangkut pemudik, tiga di antaranya khusus mudik gratis.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, I Nyoman Gede Saputra mengatakan,  khusus kapal yang akan mengangkut mudik gratis disiapkan KM Dobon Solo tujuan Tanjung Priok-Semarang, KM Jatra III tujuan Tanjung Priok-Lampung, dan KM Sebeku tujuan Priok-Semarang.

Untuk kapal Sibeku tujuan Tanjung Priok – Semarang kata Nyoman berangkat tanggal 17,19,21,23 Juni  pukul  12.00 siang, lallu KM Jatra 3 Tanjung Priok- Lampung  berangkat 21 dan 23  pukul 14.00. Sebaliknya dari Semarang Tanjung Priok berangkat pada 29 juni dan 1 juli, kemudin dari Lampung – ke Priok tanggal 30 dan 2 Juli.

Dari 10 ribu jumlah penumpang yang ditargetkan, kata Nyoman sudah 50 persen terisi. “Masih ada waktu satu minggu lagi bagi masyarakat yang ingin daftar mudik gratis menggunakan kapal laut,” ujar Nyoman disela-sela Apel kesiapan pengamanan mudik Lebaran menggunakan kapak laut di Pelabuhan Tanjung Priok Jumat (9/6).

Pihak Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok bersama Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan instansi terkait sejak beberapa bulan lalu terus berupaya melakukan persiapan bagi pemudik yang akan menggunakan kapal laut.

Selain melayani pemudik gratis, ada 19 kapal reguler lainnya juga berangkat dari dermaga yang sama dan diprediksi beberapa hari ke depan mulai terlihat peningkatan jumlah penumpang.

“Biasanya 10 hari sebelum Lebaran akan ada peningkatan jumlah penumpang kapal, sebab mereka calon penumpang jarak jauh harus melampaui beberapa pulau di Indonesia khususnya tujuan Timur Indoensia,” terang I Nyoman.

I Nyoman melanjutkan, pemudik yang akan pulang kampung menggunakan kapal laut dengan tujuan Jawa Tengah dan sekitarnya, bisa segera mendaftar di dephub.go.id. Pendaftaran dilakukan secara online dan gratis tanpa dipungut biaya atau datang langsung ke kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Pelabuhan Priok. (dwi/win)