Monday, 24 September 2018

Puasa Ibadah Rahasia

Minggu, 11 Juni 2017 — 12:35 WIB
sujud

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarkatuh.

Saudaraku... Insya Allah, kita diberikan kekuatan dan kesehatan untuk melanjutkan ibadah puasa Ramadhan ini, tanpa kurang satu apapun. Mari terus menggelorakan semangat berlomba-lomba untuk kebaikan berupa meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah wajib dan sunnah serta amal lainnya.

Puasa adalah rukun keempat dari lima rukun Islam. Hukumnya wajib kepada umat Islam dan dikerjakan dengan penuh keikhlasan. Kenapa? Karena ibadah puasa ini dikerjakan tanpa diketahui orang lain, selain Allah SWT.

Dengan demikian, orang yang puasa hanya diketahui oleh dirinya sendiri dengan Rabb-nya. Sangat berbeda dengan ibadah lain, misalnya salat. Ibadah salat menggunakan gerak atau aktifitas dan bisa dilihat orang lain.

Ibadah haji hanya orang yang mampu secara ekonomi dan kesehatan. Bahkan berangkat ke tanah suci bisa disaksikan banyak orang. Sedekah, demikian juga halnya. Sama-sama diketahui orang lain selain diri sendiri.

Kalau ibadah puasa, sungguh sangat berbeda. Karena itu, ibadah ini memiliki pahala yang begitu agung dan memperoleh balasan yang begitu besar. Sebab, ibadah ini dikerjakan dengan dasar keimanan dan ketaqwaan sebagai bentuk kedekatan diri (taqarrub) kepada Allah SWT.

Dalam hadits qudsi disebutkan:

“Semua amalan anak Adam (manusia) itu untuk dirinya, kecuali puasa. Sebab, ia adalah buat-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. (HR Al Bukhari-Muslim).
Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap (ridha dan pahala-Nya), akan diampunkan baginya dosa-dosa yang telah lalu.” (HR Bukhari-Muslim).

Saudaraku…

Orang yang menunaikan ibadah puasa tentu merasa diawasi oleh Robb-nya. Karena itu ia tidak mau membatalkan puasanya, meski pun orang lain tidak bakal tahu. Orang puasa itu yakin dalam pengawasan Allah SWT. Karena inti dasar ibadah puasa itu memupuk kejujuran, kepada dirinya sendiri dan utama kepada Allah SWT.

Puasa adalah ibadah penuh rahasia, namun balasannya berlipat ganda. Mari merebut taburan pahala di bulan penuh Rahmat dan Ampunan ini.

Wassalam
syamsir.bastian@gmail.com
syamsir.munthe@gmail.com