Monday, 24 September 2018

Bus Mudik dari Terminal Kampung Rambutan Dicek Menyeluruh

Senin, 12 Juni 2017 — 18:56 WIB
Terminal kampung Rambutan di Jakarta Timur.

Terminal kampung Rambutan di Jakarta Timur.

JAKARTA (Pos Kota) – Dalam rangka menangani arus mudik lebaran 2017, Terminal Bus Kampung Rambutan mulai melakukan berbagai persiapan. Didirikannya posko dan pengecekan bus angkutan selama ini kerap dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi para pemudik.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August mengatakan, pihaknya telah siap melayani para warga Jakarta yang ingin pulang ke kampung halaman saat musim mudik lebaran tahun ini. “Prinsipnya Terminal Kampung Rambutan sudah siap melaksanakan kegiatan angkutan lebaran,” katanya, Senin (12/6).

Dikatakan Emiral, sejumlah persiapan tersebut antara lain  melakukan ramp check (pemeriksaan lapangan dan menyeluruh), menyiapkan ruang kesehatan untuk masyarakat, ruang ibu menyusui dan rambu petunjuk arah, sudah disiapkan.

Bahkan, setiap bus yang akan meninggalkan terminal harus melakukan pengecekan di pos pengecekan keberangkatan. “Cek nomor kendaraan, tujuannya, jumlah penumpangnya, surat-surat kendaraan, nama pengemudi, jam keberangkatan dan PO kendaraan, menjadi pengecekan dasar yang dilakukan,” tuturnya.

Emiral juga memprediksi, jumlah pemudik di tahun 2017 ini akan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dimana ia melihat, libur Idul Fitri yang bertepatan dengan akhir pekan akan menambah jumlah penumpang. “Prediksi sepertinya akan naik. Puncak arus mudik prediksi di H-3,” ujar mantan kepala terminal Blok M ini.

Selain melihat perayaan hari idul Fitri yang bertepatan dengan akhir pekan,  peningkatan jumlah penumpang juga sudah terlihat sejak Sabtu 11 Juni 2017 kemarin. Dimana para pemudik sudah banyak yang bertolak dengan bus dari Terminal Kampung Rambutan.

“Kemarin (Minggu) saja sudah terlihat adanya kenaikan dari 1.500 tercatat kemarin yang berangkat hari sabtu sebanyak 2.407 orang,” pungkasnya. (Ifand/win)