Monday, 24 September 2018

Kwarnas Pramuka Akan Gelar Rainas di Cibubur, Ini Kegiatannya

Rabu, 14 Juni 2017 — 14:21 WIB
Kwarnas Gerakan Pramuka

JAKARTA (Pos Kota) – Kurang dari dua bulan lagi, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menggelar Raimuna Nasional (Rainas) XI di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017.

Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega ini akan diisi berbagai kegiatan menarik. Apa saja kegiatannya?

Presiden Rainas, Robby Zulpandi mengatakan, selama satu minggu kegiatan Rainas akan dibagi menjadi dua. Pertama, sebagian dipusatkan di area lokasi perkemahan. Kedua, kegiatan dilakukan di luar perkemahan atau tour edukasi, dengan sistem rolling.

“Untuk di area perkemahan, ada global development village, waktu luang, Ispec, pentas seni, festival dan karnaval, jumpa tokoh, ada juga rover challenges,” ujar Robby di Kantor Kwarnas.

Adapun kegiatan di luar, ada education tour ke seluruh wilayah di Jakarta. Roby menuturkan, tour ini untuk penambahan wawasan sekaligus dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, sehingga, wilayah dan tempatnya berbeda dari education tour Jambore Nasional.

“Education tour Rainas lebih ditekankan pada pengabdian masyarakat dan penambahan wawasan kebangsaan. Berbeda dengan Jamnas yang memilih tempat-tempat rekreasi atau hiburan sebagai education tournya,” jelasnya.

Berikut daftar education tour Rainas:

Jakarta Utara

1. PT. Astra Internasional
2. PT. Gaya Motor
3. Situs Rumah Pitung

Jakarta Pusat

1. Monas
2. Galeri Nasional
3. GD. Kwartir Nasional

Jakarta Timur

1. Museum Pancasila Sakti
2. Museum Dirgantara
3. BNN

Jakarta Barat

1. PT. Garuda Indonesia
2. Museum Fatahilah
3. Museum Bank Indonesia
4. Museum Bank Mandiri
5. Museum Pos Indonesia

Jakarta Selatan

1. Museum Satria Mandala
2. Setu Babakan.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengatakan Rainas merupakan kawah candradimuka untuk membentuk generasi bangsa yang memperjuangkan NKRI dan Pancasila.

“Kegiatan ini memastikan generasi masa depan Indonesia pro-pancasila dan NKRI,” tegasnya.

Untuk diketahui, Rainas XI akan diikuti 15.000 peserta. Raimuna sendiri berasal dari bahasa Papua, yaitu dua suku kata: Rai yang artinya pertemuan dan Muna artinya pemimpin atau kepala suku. Kegiatan ini juga rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Agustus mendatang.

(rilis/sir)