Friday, 16 November 2018

Tips Aman dan Nyaman Mudik Naik Kereta Api

Kamis, 15 Juni 2017 — 16:55 WIB
istimewa

istimewa

TRANSPORTASI paling favorit saat mudik Lebaran adalah dengan menggunakan kereta api, karena dinilai paling aman, nyaman dan tidak terkendala kemacetan . Disamping itu, harga tiket kereta api  dinilai masih bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Makanya tidak heran, jika tiket kerata api mudik, sudah habis terjual sejak tiga bulan lalu.

Kenyamanan penumpang kereta api mulai dirasakan, sejak  diberlakukannya aturan ketat mengenai pemesanan tiket kereta api,  dimana jumlah tiket yang dijual sesuai dengan jumlah kursi yang tersedia di setiap rangkain kereta api.  Jadi semua penumpang yang memiliki tiket, dipastikan memperoleh kursi atau tempat duduk. Tidak ada lagi cerita orang terjepit di lorong bahkan toilet kereta api.

Agar perjalanan mudik semakin aman dan nyaman, ada sejumlah tips  yang harus kita diperhatikan.

  1. Jaga Kondisi Tubuh

Sebelum mulai melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api yang memakan waktu 7 hingga 12 jam, jagalah kondisi tubuh agar tidak sakit. Tubuh kita perlu istirahat yang cukup agar tidak terlalu capek dalam perjalanan.

Karena di kereta, biasanya sulit tidur mengingat banyaknya penumpang, yang terkadang saling bicara  sehingga agak berisik. Tapi bisa juga anda membawa alat penutup telinga, selain untuk mengurangi suara berisik, juga bisa menahan dingin, sehingga bisa membuat kita tertidur.

  1. Berangkat Lebih Awal

Sebagian besar kereta api berangkat pagi hari dari stasiun di Jakarta. Agar tidak tertinggal, sebaiknya berangkat lebih awal dari rumah. Karena lebih baik lama menunggu di stasiu, daripada ketinggalan kereta. Bahkan ada yang datang malam hari dan menginap di stasiun. Hal ini tidak disarankan, karena keselamatan penumpang dan barang bawaan tidak dapat dijamin.

  1. Bawa Barang Seperlunya.

Pastikan barang bawaan atau bagasi tidak melebihi ukuran dan berat maksimal yang ditentukan. Syarat dan ketentuan bagasi kereta api, ukuran maksimal adalah 100 dm dengan dimensi 70 cm, 48 cm, dan 30 cm. Kemudian berat maksimal adalah 20 kg (gratis/tidak dikenakan biaya tambahan).  Lebih dari 20 kg sampai dengan maksimal 40 kg akan dikenakan biaya tambahan sesuai kelas kereta api. Jika beratnya melebihi 40 kg, tidak diperbolehkan dinaikkan kedalam kereta api, namun disarankan untuk dikirimkan via logistik atau ekspedisi.

Selamat menikmat perjalanan….jak kijuk kijak kijuk…kereta berangkat…(Tri)